Anies dan Ahok Masuk Bursa, Elektabilitas Kang Emil Merosot di Jakarta

Kamis, 20 Juni 2024 – 22:15 WIB
Ridwan Kamil. Ilustrasi Foto: ANTARA/HO-Humas Pemda Jawa Barat

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan elektabilitas rekannya separtai Ridwan Kamil atau Kang Emil untuk Pilkada Jakarta 2024 menurun.

Menurutnya, kabar Anies Baswedan hingga Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang akan maju Pilkada Jakarta 2024 membuat elektabilitas Kang Emil menurun.

BACA JUGA: Anies Kritik Heru Budi yang Ubah Aturan soal Pajak Hunian di Bawah Rp 2 Miliar

Doli mengatakan elektabilitas Kang Emil untuk Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024 lebih baik dibandingkan angka keterpilihan di Jakarta.

Doli berkata demikian demi menjawab pertanyaan awak media yang hadir di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6).

BACA JUGA: Pemuda Pancasila Bakal Menghukum Kader yang Tak Dukung Anies

"Begitu sudah mulai ada yang mencalonkan Pak Anies Baswedan lagi, kemudian juga ada dimasukkan nama nama seperti Basuki Tjahaja Purnama begitu, ya, ternyata elektabilitasnya sekarang masih jauh lebih tinggi di Jabar," ujar Ketua Komisi II DPR RI, Kamis.

Doli mengatakan wajar elektabilitas Kang Emil menurun di Jakarta setelah nama Anies dan Ahok masuk bursa cagub untuk provinsi yang sama.

BACA JUGA: Pengusaha Zahir Ali Diperiksa KPK soal Korupsi Pengadaan Lahan Pemprov DKI era Anies

Sebab, kata dia, Kang Emil belum memiliki rekam jejak memimpin Jakarta sehingga angka keterpilihan menurun.

"Wajar saja kalau di Jakarta, karena pertama, kan, punya pengalaman Jakarta, kan, memang belum pernah. Kalau Pak Anies, kan, sudah pernah jadi gubernur. Pak Basuki, kan, juga jadi gubernur," ujar Doli.

Dia mengatakan Golkar sampai kini belum menentukan sosok yang akan diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

Walakin, kata Doli, Golkar sebelumnya pernah menugaskan Kang Emil untuk menguatkan basis pemilih parpol berkelir kuning di Jakarta dan Jabar.

"Kita tunggu sampai akhir Juli atau awal Agustus, kita lihat karena mungkin ada berapa survei," ungkap pria berkacamata itu.

Menurutnya, elektabilitas Kang Emil bisa saja menguat karena eks Wali Kota Bandung itu sudah membuat beberapa gerakan seperti membuat baliho bertuliskan OTW Jakarta.

"Mana tahu gerakan yang dilakukan Pak ridwan Kamil misalnya di Jakarta menambah keterimaan masyarakat Jakarta, kan," ujar Doli. (ast/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler