Anies Siap Tangani Permasalahan Air Bersih di Batam

Jumat, 19 Januari 2024 – 23:27 WIB
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat menghadiri kampaye di Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (19/1/2024). (ANTARA/Jessica)

jpnn.com - BATAM - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyoroti persoalan air bersih yang masih dirasakan banyak masyarakat, termasuk di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Menurutnya, permasalahan terkait air bersih pernah terjadi di DKI Jakarta, terutama untuk kebutuhan masyarakat di Kepulauan Seribu.

BACA JUGA: Bawaslu Penting Lakukan Pemetaan TPS Rawan

Permasalahan tersebut akhirnya dapat ditangani setelah Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Ketika saya mulai bertugas air bersihnya bermasalah, sulit dapat air bersih di Kepulauan Seribu. Sekarang, alhamdulillah, kami membangun tempat penyulingan air, sehingga di sana bukan hanya dapat air bersih, mereka dapat air minum untuk warga-warga," ujar Anies saat menghadiri kampaye di Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (19/1).

BACA JUGA: Di Pasar TOS 3000 Batam, Anies Berjanji Menaikkan Status Ekonomi Pedagang

Menurut dia, biaya membangun instalasi air bersih dan air minum memiliki ongkos yang sama.

Dengan begitu, dia berkomitmen akan menghadirkan program yang sudah terealisasi di Kepulauan Seribu untuk diterapkan di Kota Batam.

BACA JUGA: Tim Pasangan AMIN Soroti Usulan Kenaikan Pajak Sektor Hiburan

"Membangun instalasi air bersih dengan air minum, harganya hampir sama. Bedanya, air bersih itu tidak berbau, tidak berwarna. Air minum bisa langsung diminum air kerannya, insyaallah nanti kami kembalikan program air bersih di sini (Batam)," ucapnya.

Selain persoalan air bersih, Anies juga menyinggung masalah kebutuhan solar untuk para nelayan.

"Kemudian nelayan, ada di berbagai tempat. Saya jumpa dengan banyak nelayan. Mereka bilang kesulitan solar. Jadi, itu permasalahan solar di nelayan," ucapnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari.

Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024. (Antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... TPN Optimistis Sukarelawan Siap Menangkan Ganjar-Mahfud


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler