Anjing Laut Itu Tidur Pulas

Catatan Dani Nur Subagiyo, Cape Town

Selasa, 22 Juni 2010 – 01:09 WIB
NIKMAT - Wartawan Jawa Pos, Dani Nur Subagiyo, menikmati calamari di tepi pantai dengan ditemani burung camar. Foto: Yuyung Abdi/Jawa Pos.
CAPE Town punya banyak pemandangan indah dekat lautSalah satunya Hout Bay di sisi barat kawasan Cape Peninsula (Tanjung Cape)

BACA JUGA: Bagi-bagi Voucher ala Duncan

Karena tidak ada pertandingan di Stadion Green Point, Sabtu lalu (19/6), saya menyempatkan mengunjungi Hout Bay, sekitar 20 km arah selatan jantung kota.

Banyak pemandangan menarik di Hout Bay
Daerah ini berbatasan dengan Taman Nasional Table Mountain di sisi utara dan ada pemandangan berupa deretan pegunungan di sisi selatan yang terhubung dengan Samudera Atlantik.

Spot pertama yang saya kunjungi di Hout Bay adalah Chapman's Peak Drive

BACA JUGA: Bandara Sewa Marching Band

Itu adalah jalanan tajam dan berkelok-kelok mengitari pegunungan yang menghubungkan Hout Bay dengan Noordoek dan seterusnya ke Cape of Good Hope (Tanjung Harapan)
Kendaraan yang masuk dikenakan tarif 25 rand (sekitar Rp 31 ribu) untuk mobil dan motor 16 rand (sekitar Rp 20 ribu).

Chapman's Peak Drive pernah beberapa kali buka-tutup karena banyak batu yang longsor sehingga membahayakan

BACA JUGA: Bandara Cape Town Mirip Stadion

Untuk mengantisipasinya, kini di beberapa tikungan jalan yang rawan longsor dibangun semacam atap pelindung dari beton.

Dari Chapman's Peak Drive, saya mampir ke sebuah restoran bernama Mariner's WharfRestoran yang dihiasi bendera beberapa negara kontestan Piala Dunia itu berada tepat di pinggir lautBanyak burung camar yang beterbangan kesana-kemari di sekeliling restoranDi depan restoran, terdapat enam meriam peninggalan Belanda dengan posisi acak, tapi tidak berjauhan satu sama lain.

Saya memesan ikan goreng calamariJika di Surabaya, calamari umumnya berupa cumi-cumi yang ditaburi tepung lalu digorengTapi, calamari di restoran ini rasanya seperti ikan kerapu, hanya isinya lebih banyak dan lembut serta durinya lebih besarCalamari disajikan dengan kentang goreng hangat dan saus tomatRasanya gurih dan nikmat, apalagi menyantap sambil duduk di bebatuan di pinggir laut ditemani camar.

Setelah menikmati calamari, spot ketiga atau tujuan terakhir saya adalah pelabuhan Hout BayPelabuhan ini dikenal paling sibuk di Provinsi Western CapePelabuhan itu banyak menghasilkan ikan snoek (ikan yang banyak terdapat di kedalaman laut Cape), cumi-cumi, dan udangSebagian hasil laut itu di jual di toko-toko dekat pelabuhan, sebagian lainnya dikirim ke kota.

Sore hari itu banyak kapal yang sudah bersandar di pelabuhan seusai melautDi dekat dermaga, tampak sekumpulan anjing laut berenang kesana-kemariSalah satu di antaranya baru saja ditangkap dan dibiarkan tergeletak begitu sajaAnjing laut dengan panjang 2,45 meter dan berat kurang lebih 400 kg itu tidur pulas sampai-sampai diam saja ketika saya pegang.

"Anjing laut ini segera dikirim ke kebun binatangTidak diperjualbelikan, karena hukum di Afrika Selatan melarang seseorang memelihara anjing laut," kata Shezele Mupele, penjaga anjing laut di kawasan itu(*/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rotasi Makam Muslim Ala Durban


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler