Antara Gatot Nurmantyo, Hadi Tjahjanto dan Tahun Politik

Selasa, 05 Desember 2017 – 16:15 WIB
Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto. Foto: M Fathra/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Jenderal Gatot Nurmantyo bersyukur telah menjalankan tugas yang diamanahkan Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI sejak 2015 lalu.

Gatot menyampaikan, seorang prajurit maupun perwira pasti punya mimpi tinggi, yakni menjadi Panglima TNI. Dia bersyukur karena bisa mewujudkan mimpi tersebut, dan pelantikannya dilakukan oleh presiden yang akrab disapa Jokowi.

BACA JUGA: Mantan Panglima TNI Sulit Bersinar di Kancah Politik

Sekarang, katanya, penggantinya pun telah diputuskan oleh kepala negara. "Saya juga bersyukur bahwa presiden telah menentukan pengganti saya," ucap Gatot di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Selasa (5/12).

Lulusan Akademi Militer 1982 ini menyebutkan, Marsekal Hadi Tjahjanto yang ditunjuk presiden menggantikannya telah dipersiapkan untuk menghadapi tantangan tugas ke depan. Salah satunya adalah tahun politik.

BACA JUGA: DPR Bakal Pelototi Laporan Harta Kekayaan Hadi Tjahjanto

Jenderal kelahiran Tegal, Jawa Tengah ini pun menyebutkan, dari tiga kepala staf angkatan yang memenuhi syarat menggantinya, semuanya siap mengembang tugas sebagai Panglima. Namun ada juga pertimbangan-pertimbangan seperti masa pensiun.

Misalnya, KSAL Laksamana Ade Supandi akan memasuki masa pensiun pada Mei 2018. "Pertama KSAL bulan Mei pensiun, kalau jadi Panglima TNI kan cuma sebentar," ucap Gatot.

BACA JUGA: Mbak Meutya Anggap Marsekal Hadi Tak Punya Rekam Jejak Buruk

Sementara KSAD Jenderal TNI Mulyono pensiun pada 2019. Terakhir adalah KSAU Mareskal Hadi Tjahjanto dengan masa pensiun lebih lama lagi.

"KSAD Januari 2019, KSAU ini sampai 2020 sehingga bisa memimpin TNI menghadapi tahun politik dengan lancar," jelas Gatot sembari memastikan proses pergantian Panglima TNI telah mempertimbangkan proses regenerasi. (fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Perlu Tunggu Jenderal Gatot Pensiun untuk Usulkan Hadi


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler