Antisipasi Lonjakan Pasien COVID-19, Menkes Budi Siapkan Penambahan Fasilitas di RSCM

Jumat, 25 Desember 2020 – 21:38 WIB
Ruang isolasi untuk penanganan pasien yang terjangkit virus corona (Ilustrasi) Foto: ANTARA/Feri Purnama

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah telah menyiapkan penambahan fasilitas di Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan kasus positif COVID-19 setelah libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

BACA JUGA: Waspada, Ini 10 Kelurahan dengan Kasus Positif Aktif Covid-19 Tertinggi di DKI Jakarta

"Tempatnya ada, tinggal ditambah jumlah tempat tidur dan ICU-nya. Ada potensi ditambah sampai 100 tempat tidur," kata Budi saat jumpa pers virtual di sela kunjungan ke RSCM Jakarta bersama Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Jumat (25/12).

Mantan wakil menteri BUMN itu menyebutkan, penambahan tempat tidur akan dilakukan di ruang perawatan dan unit perawatan intensif (ICU). Yang tidak kalah penting, kata Budi, menyiapkan penambahan perawat.

BACA JUGA: Gus Yaqut: Tidak Ada Pernyataan Saya Melindungi Kelompok Syiah dan Ahmadiyah

Sebab, pihaknya melihat jumlah dokter, alat kesehatan dan ruangan di RSCM masih mencukupi untuk penanganan COVID-19, tetapi jumlah perawatnya masih kurang.

Di sisi lain, guna menekan penambahan kasus konfirmasi positif COVID-19, Budi mengimbau masyarakat yang berlibur pada masa Natal dan tahun baru untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA: Prihatin, Begini Kondisi Terkini Dokter Ranisa yang Dianiaya dan Nyaris Diperkosa Abdul Jabar

"Pandemi masih terjadi di masa liburan panjang ini. Tolong dipastikan hari besar ini kita jalani dengan damai dan sehat," pinta Menkes Budi.

Lebih jauh, dirinya mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian meskipun di masa liburan. Ada baiknya momentum libur Natal dan Tahun Baru diisi dengan melakukan kegiatan di rumah saja.

Bagi yang bepergian ke luar rumah, pihaknya mengingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak menghindari kerumunan.

"Itu harus terus kita lakukan untuk mencegah penularan COVID-19. Jangan sampai sesudah liburan yang indah ini, ada keluarga kita yang tertular COVID-19," katanya.(antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler