Antisipasi Lonjakan Pemudik, PT Pelni Tambah 28 Armada

Selasa, 23 Juli 2013 – 11:33 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik yang menggunakan jasa angkutan laut, PT Pelayaran Nasional (Pelni) yang beroperasi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara telah menyiapkan 28 armada tambahan.

Supervisor Terminal Penumpang Nusantara II Pelabuhan Tanjung Priok, Syawaludin mengatakan, pihaknya secara khusus memperkirakan adanya kelonjakan pemudik sebesar 20 persen dari tahun kemarin.

BACA JUGA: Hutama Karya Akan Akuisisi Istaka Karya

"Tahun 2012 lalu jumlah pemudik di pelabuhan Tanjung Priok mencapai 18.000 orang dan tahun ini diperkirakan naik menjadi 22.000 orang," katanya kepada wartawan, Jakarta Utara, Selasa (23/7).

Dia menilai kenaikan pemudik dari tahun ke tahun sangat dipengaruhi jumlah pendatang baru ke Jakarta usai lebaran. Di antaranya mereka yang menggunakan jasa angkutan laut sebagian besar berasal dari daerah barat Indonesia.

BACA JUGA: Produksi Garam dan Gula BUMN Merosot

"Kebanykan dari Belawan, Pontianak, Tanjung Balai Karimun dan Makassar. Pertimbangan mereka karena harganya tiket kapal lebih ekonomis dibanding transportasi udara ataupun darat," uijar Syawal.

Dia berharap saat puncak arus mudik dan balik lebaran harga tiket kapal laut tetap stabil. Terutama pada H-10 sampai H+5. Sementara untuk sistem pengamanan di Pelabuhan, para pemudik tak luput dari sistem pemeriksaan scanner atau laser, dan pengerahan puluhan satpam beserta kepolisian di areal terminal penumpang. (fat/jpnn)

BACA JUGA: Dahlan Iskan: Jangan Takut Sejahterakan Karyawan

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... PLN Rugi Karena Kabel Sering Dicuri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler