Antisipasi Macet, Kemenhub Terapkan Sistem Buka-Tutup

Rabu, 30 Desember 2015 – 01:20 WIB
ILUSTRASI. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menerapkan sistem buka-tutup pada seluruh rest area di ruas jalan Tol. Hal tersebut merupakan hasil evaluasi dari kemacetan parah beberapa hari lalu.

Pelaksana Tugas Direktur (Plt) Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Sugihardjo mengatakan rest area adalah penyebab utama kemacetan di tol pada arus mudik dan balik pada liburan Natal kemarin.

BACA JUGA: DPR: Ungkap Pelaku Pembuatan Terompet dari Bahan Sampul Alquran

“Banyaknya kendaraan yang menumpuk di dalam, sedangkan dari luar kendaraan lain mau masuk ke rest area. Ini menimbulkan antrian panjang di luar rest area,” ujarnya.

Meski penyumbang utama kemacetan, Suharsono mengatakan tidak melakukan penutupan rest area seperti yang sudah diwacanakan beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Kunjungan Jokowi ke Kawasan Indonesia Dianggap Mubazir Jika...

Sebab, menurut dia, pengemudi berhak mendapatkan istirahat yang cukup, apalagi dalam perjalanan jauh. Meski begitu, kata Sugihardjo, pengemudi juga harus cerdas jika sarana dan prasarana di jalan tol belum cukup memadai untuk menampung kendaraan, terutama saat musim libur.

“Pengemudi tak boleh berkendara lebih dari 8 jam, jadi perlu istirahat. Petugas, nantinya juga harus disiplin, masyarakatpun harus mengerti jangan memaksa masuk rest area kalau ramai,” terangnya.

BACA JUGA: Herman Hery Bantah Mengancam Perwira Polda Lewat Telpon, Tapi...

Selain itu, demi kelancaran lalu lintas di jalan tol, dia juga mengimbau agar pengendara menyiapkan supir cadangan.(mg4/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kunjungan Presiden di Papua, Kapolri: Perketat Pengamanan di Wamena


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler