Antre Daging, Pria Tua Tewas Terinjak

Korban Sempat Dilarang Pergi ke Istiqlal

Kamis, 17 Oktober 2013 – 04:24 WIB

jpnn.com - PEMBAGIAN daging kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, kemarin (16/10), berakhir tragis. Seorang pria paruh baya meninggal dunia akibat terinjak dan terhimpit. Dalam antrean pembagian daging kurban sejak pukul 04.00 WIB, Sukiyo, 74, warga Pasar Baru meninggal dunia. Kasusnya, kini ditangani petugas kepolisian setempat.

Kepada wartawan, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto mengatakan, sekitar pukul 04.00 WIB telah dilakukan apel APP di lapangan parkir Istiqlal dengan perkuatan awal pengamanan 144 personil terdiri dari 42 Polsek Sawa Besar, 18 Koramil, 24 Samapta Polres, 30 Samapta Polda, 2 Brimob Polda Metro Jaya, 30 Pol PP. Lalu sekitar pukul 04.50 WIB kemarin, panitia memberi info siap untuk memulai pembagian daging kurban, dan pengamanan gerbang Juanda memberi arahan kepada massa bahwa antrian perempuan di sebelah kanan, laki-laki di sebelah kiri.

BACA JUGA: Api Ngamuk 8 Jam, 84 Rumah Ludes

Sekitar pukul 04.55 WIB, pintu gerbang Juanda di buka oleh panitia Amir, serta massa meringsek masuk sekitar 1.500 orang."Sekitar pukul 05.30 WIB, ditemukan korban jatuh Sukiyo, 74, warga Pasar Baru, dicek telah meninggal dunia dengan wajah membiru. Berdasarkan keterangan anaknya Sigit dan Nur Susilo, korban 3 hari yang lalu cek kesehatan di Puskesmas Sawah Besar, tekanan darah tinggi mencapai 160 dan stroke, serta sebelumnya disarankan oleh anaknya agar korban tidak ke Istiqlal," imbuhnya pada wartawan, Rabu (17/10).

Korban saat ini sudah dibawa ke RSCM untuk di visum, pada tubuh korban tidak terdapat tanda penganiayaan atau bekas terinjak-injak. Disamping itu, antrian daging kurban itu, cenderung tertib, sedangkan antrian di pojok perempuan cenderung desak-desakan sehingga terdapat 11 orang yang kelelahan dan 9 orang pingsan yang dibawa ke RSCM, namun sudah siuman dan tidak ada yang rawat inap.

BACA JUGA: Anggap Jokowi-Ahok Duet Kada Paling Revolusioner

Sekitar pukul 06.30 WIB kemarin, giat pembagian daging kurban pria selesai, dengan jumlah penerima 2.137 orang dan sekitar pukul 06.40 WIB, kelompok perempuan dipecah 2 barisan, sehingga memudahkan pembagian dan tidak berdesakan.

Dengan jumlah penerima daging kurban sebanyak 3.125 orang perempuan, panitia pun menyatakan kegiatan itu selesai dengan total penerima daging kurban sebanyak 5.265 orang."Lima pria juga diamankan di Polsek karena kedapatan antre 2 kali," tutupnya. (ibl)

BACA JUGA: Terancam Buta, Korban Kecelakaan Dul Terima Rp 18 Juta

BACA ARTIKEL LAINNYA... Meninggal Saat Antri Kurban di Istiqlal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler