Apa Motif Pelaku Penyiraman Cairan Kimia kepada Anak Sekolah di Jakarta Barat?

Minggu, 17 November 2019 – 01:57 WIB
Polda Metro Jaya gelar jumpa pers penangkapan tersangka kasus penyiraman cairan kimia di tiga lokasi Jakarta Barat. Foto: ANTARA/Fianda Rassat

jpnn.com, JAKARTA BARAT - Polda Metro Jaya telah meringkus FY, 29, pelaku penyiraman cairan kimia di tiga lokasi di Jakarta Barat. FY diduga sebagai pelaku tunggal. FY mengaku melakukan hal itu lantaran rasa frustasi akibat masa lalu yang kelam.

"Jadi gini, dia ini sebenarnya dulu pernah jatuh, pernah sakit terus nggak diperhatikan oleh keluarga. Intinya gitu aja," kata Panit 2 Subdit Jatanras Polda Metro Jaya AKP Adhi kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu.

BACA JUGA: Yahuza Tepergok Jual Senjata Api Seharga Rp3 Juta ke Residivis, Dor!

Adhi mengatakan tersangka ingin orang lain merasakan hal yang sama seperti yang dia pernah rasakan, hal itulah yang mendorong tersangka FY untuk melakukan penyiraman air keras kepada korban-korbannya.

Adhi menyebut tersangka secara acak memilih korbannya dan mencarinya di jalan-jalan searah dari rumah ke kantornya.

BACA JUGA: Polisi Tangkap Pelaku Penyiraman Cairan Kimia di Jakarta Barat, nih Tampangnya

"Jadi memang dilakukan secara acak dan ada dorongan dari kejiwaannya," kata Adhi.

Psikolog Kasandra Putranto yang dihadirkan oleh Polda Metro Jaya juga menyebut tersangka memiliki pengalaman yang menurut tersangka kelam.

BACA JUGA: Penjagaan Mako Brimob Diperketat Pascabaku Tembak dan Penangkapan Terduga Teroris

"Yang bersangkutan memiliki perasaan frustasi atas kejadian sebelumnya. Dia pernah kecelakaan jatuh di lantai 3 dan tidak mampu bayar rumah sakit karena sifat pekerjaannya yang tidak tetap, jadi dia tidak mendapat penggantian pengobatan sehingga dia melampiaskan ke orang lain," tutur Kasandra.

Dalam satu minggu terakhir, tiga peristiwa penyiraman cairan kimia telah terjadi di wilayah Jakarta Barat.

Kasus pertama dialami dua siswi SMPN 229 Jakarta Barat berinisial A dan PN yang sedang berjalan kaki di Jalan Kebon Jeruk Raya pada Selasa (5/11).

Disusul kemudian penyiraman cairan kimia kepada nenek pedagang sayur di Taman Aries, Meruya Utara, Kembangan, pada 8 November.

Sedangkan kasus ketiga menimpa enam siswi SMPN 207 Kembangan yang menjadi korban penyiraman cairan kimia sepulang sekolah di Jalan Mawar, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat, Jumat (15/11) sekitar pukul 13.00 WIB.

Polisi kemudian bergerak cepat dengan memeriksa CCTV di sekitar lokasi kejadian dan berhasil mendapat gambar tersangka FY.

Berdasarkan gambar tersebut polisi kemudian membuat sketsa wajah tersangka dan menyebarkannya.

BACA JUGA: Berita Duka, Agus Irawan Meninggal Dunia saat Bertugas

Polisi kemudian berhasil menangkap FY di rumahnya yang tidak jauh dari lokasi kejadian ketiga yakni di Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat pada Jumat sekitar pukul 18.30 WIB.(antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler