Apa yang Akan Diperbuat Riedl, 5 Bek atau 5 Gelandang?

Selasa, 13 Desember 2016 – 09:36 WIB
Alfred Riedl. Foto: dok/Jawa Pos

jpnn.com - BERAPA bek yang bakal dipasang arsitek timnas Indonesia, Alfred Riedl dalam leg pertama final Piala AFF 2016 di Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/12) besok?

Tiga formasi sudah dipakai Riedl sepanjang Piala AFF 2016. Besar kemungkinan, jumlah tersebut akan bertambah saat menjamu Thailand. 

BACA JUGA: Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya Bidik Gelar Superseries Finals

Hingga Senin (12/12) kemarin, Riedl masih mempertimbangkan memakai lima bek. Padahal, mulai fase grup sampai second leg semifinal, Indonesia selalu bermain dengan empat bek. 

“Mungkin saja seperti itu (bermain bertahan-red). Tapi, itu bukan strategi yang mutlak. Kami juga bisa bermain dengan formasi lain," katanya.

BACA JUGA: Kiatisuk: Indonesia Tim yang Kuat, Tapi Kami Tetap Bermain Menyerang

Di dua laga awal turnamen, Riedl menerapkan pola 4-4-2. Lalu berganti menjadi 4-4-1-1 di duel terakhir fase grup. Di semifinal pertama melawan Vietnam di Pakansari, Riedl kembali ke 4-4-2. Kemudian berganti lagi menjadi 4-2-3-1 di semifinal kedua di Stadion My Dinh, Hanoi.

Di first leg semifinal, formasi 4-4-2 terbilang berhasil. Dari rekaman statistik. Indonesia tak hanya unggul penguasaan bola (53 persen berbanding 47 persen), Tapi juga membukukan jumlah tembakan keseluruhan dan jumlah tembakan on target hampir dua kali lipat dibandingkan Vietnam (9:5 dan 5:2). 

BACA JUGA: Perseden Harumkan Nama Bali, Kalahkan PSN Ngada

Namun, menghadapi Thailand yang agresif dan sangat terorganisasi permainannya, sepertinya riskan hanya menaruh dua gelandang di jantung lini tengah. Jadi, terbuka kemungkinan Riedl akan kembali berpaling ke 4-2-3-1 yang membuat lini tengah Garuda jadi “penuh.”

Tapi, bisa pula dia memilih memasang tiga bek tengah (kemungkinan Fachruddin Wahyudi-Hansamu Yama Pranata-Manahati Lestusen) plus dua wing back dalam pola 5-3-2. Saat menyerang, formasi itu bisa berubah menjadi 3-5-2. 

Persoalannya, bisakah Beny Wahyudi dan M. Abduh Lestaluhu berperan sebagai wing back? Sebab, kunci formasi tersebut terletak pada kemampuan kedua wing back menjaga keseimbangan saat menyerang dan bertahan. 

Tapi, Riedl membantah bahwa apa yang pernah mereka latih sebelumnya adalah bagian dari strategi untuk melawan Thailand nanti. "(Bermain dengan tiga bek) Itu hanya latihan biasa dan tidak ada hubungannya dengan strategi yang akan kami terapkan. Pemain mana saja yang akan menjadi starter di final nanti, itu pun masih rahasia," jelasnya.

Yang juga masih tanda tanya, siapa yang akan mendampingi Boaz di sektor serang? Apakah Lerby Eliandry yang jadi starter di dua laga awal atau Ferdinand Sinaga yang bertandem dengan Boaz sejak menit pertama di first leg semifinal? 

Siapa pun yang terpilih nanti, yang patut membuat Indonesia percaya diri adalah Garuda (julukan timnas) adalah satu-satunya tim yang bisa membobol gawang Thailand di sepanjang Piala AFF 2016. 

Rencananya, hari ini Indonesia dan Thailand sama-sama akan menjalani official training di Stadion Pakansari. Tim Gajah dijadwalkan latihan pada pukul 17.00 -- 18.00 Wib. Sementara Garuda mendapat kesempatan latihan pada pukul 18.15 - 19.15 Wib. (ben/ttg/adk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siapa Starter Timnas Indonesia di Final Besok?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler