Apakah Gibran Berminat Ikut Jejak Jokowi Berpolitik?

Sabtu, 08 Desember 2018 – 15:48 WIB
Gibran Rakabuming Raka didampingi istrinya, Selvi Ananda. Foto: Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gibran Rakabuming Raka mengaku telah mengikuti langkah ayahnya Presiden Joko Widodo, tapi sebagai pengusaha. Namun apakah dia juga berminat terjun ke politik seperti yang dilakukan mantan wali kota Surakarta itu?

“Untuk saat ini kan memang saya mengikuti terus jejaknya bapak sebagai pengusaha. Sekarang kan bapak sudah jadi politikus, saya lihat itu sebagai hal yang sangat dinamis," ucap Gibran mengawali jawabannya.

BACA JUGA: Strategi Gibran Hadapi Isu Negatif pada Jokowi

Hal itu dia sampaikan ketika perbincangan ringan keluarga Presiden Joko Widodo dengan media di Restoran Green Garden, Kebun Raya Bogor pada Sabtu (8/12).

Gibran mengatakan bahwa secara pribadi, dia sudah terjun di dunia usaha dari tahun 2010. Sebagai pelaku UMKM, wiraswasta, maka dia dituntut untuk menekuni program CSR (Corporate Social Responsibility) yang menyentuh masyarakat.

BACA JUGA: Demi NKRI, FKPPI Dukung Pemerintah Lawan Isu PKI

Meskipun diakuinya, seberapa besar pun CSR itu, ratusan juta, miliaran, tetap saja tidak akan menyentuh banyak orang.

“Jadi kalau pengin menyentuh banyak orang ya harus terjun ke dunia politik. Itu saja," tukasnya.

BACA JUGA: Pemuda Katolik Berharap Presiden Buka Kongres Nasional XVII

Dengan terjun ke politik, maka seseorang bisa berpeluang membuat kebijakan yang pro rakyat, sehingga bisa menyentuh banyak orang. Gibran juga memandang, seorang pengusaha bisa jadi politikus, tapi politikus belum tentu bisa jadi pengusaha.

"Jadi untuk anak-anak muda, tidak boleh ada yang apatis. Harus punya pandangan politik tapi tidak boleh berpolitik. Berpolitik lah ketika anda sudah mapan secara mental dan ekonomi,” tutur dia.

Saat disebut jawabannya itu bersayap, Gibran menyatakan tidak. Baginya, terjun ke politik merupakan sebuah panggilan. Akan tetapi sekarang ini dia hanya mengajak generasi muda jangan apatis berpolitik.

"Enggak. Apa ya, ya memang itu (yang terjun ke politik) panggilan ya. Anak muda tidak boleh apatis," tandas Gibran mengisyaratkan belum saatnya bagi dia terjun ke politik.

Berbeda dengan Gibran, Kahiyang Ayu yang hadir ketika itu tegas menjawab belum berpikir untuk terjun ke politik. Istri Bobby Nasution itu mengaku belum tertarik berpolitik karena keluarga lebih menarik baginya. Sedangkan Bobby juga mengatakan masih ingin fokus berbisnis.

Nah, Presiden Jokowi mengatakan, sebagai bapak dari anak-anaknya, dia melihat belum satu pun dari putra-putrinya yang punya keinginan terjun ke politik.

"Gibran ini belum. Feeling politiknya kok belum. Masih senang 100 persen di dunia usaha. Kaesang apalagi. Yang saya lihat feeling politik sudah mulai masuk itu Bobby. Dikit-dikit sudah. Lebih ada keinginan. Bicara politik juga sudah ada. Yang lain belum," jelas mantan gubernur DKI Jakarta itu.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berdiskusi di Seknas Prabowo, Soroti Gaya Komunikasi Jokowi


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler