Aparat Boros, Indonesia Sulit Maju

Senin, 30 November 2009 – 11:50 WIB
JAKARTA- Aparat pemerintahan di Indonesia memiliki cap yang sangat buruk, yaitu boros, cepat puas diri, menganggap enteng semua masalah, pusat dengan formalitas, arogan, iri dengan kemajuan orang lain, dan tidak fokusPemberian cap jelek itu bukan dari orang lain, tetapi dari Sekretaris Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (Sesmenpan & RB) yang juga Plt Deputi Menneg PAN & RB bidang Pengawasan, Tasdik Kinanto.

"Budaya orang Indonesia kalau baru dapat uang sedikit saja langsung hura-hura

BACA JUGA: 89 Persen Pemda Gagal Terapkan Island of Integrity

Demikian juga kalau diberi tugas, suka menunda-nunda karena pikir pekerjaannya gampang," ujar Tasdik saat menjadi pembicara dalam seminar nasional di Kementerian PAN & RB, di Jakarta, Senin (30/11).

Menurut Tasdik, sikap itu membuat Indonesia akan sulit maju
Karena itu, selain kelemahan aparatur, kelemahan birokrasi yang harus segera dipecahkan antara lain ego sektoral dan institusional yang tinggi, kurang profesional, jiwa dan semangat melayani yang rendah, serta sistem renumerasi yang tidak memacu prestasi.

"Kalau kelemahan aparatur maupun birokrasi tidak bisa diubah, kemajuan yang diharapkan terutama menciptakan pemerintah yang bersih sulit dilaksanakan," pungkasnya

BACA JUGA: Aktivis Kuliti Skandal Century

BACA JUGA: Puncak Hujan, Jakarta Diminta Waspada

(esy/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inisiator Angket Teken Pakta Integritas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler