Aqua Galon Masih Menjadi Pilihan Konsumen

Senin, 08 Juni 2020 – 12:40 WIB
Ilustrasi galon Aqua. Foto: Aqua

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat dan penjual air minum dalam kemasan mengungkapkan bahwa air minum dalam kemasan galon isi ulang masih menjadi pilihan konsumsi keluarga di rumah.

Bahkan para pedagang mengakui selama tiga bulan ini permintaan AMDK galon guna ulang lebih banyak dari sebelum terjadinya wabah virus corona itu.

BACA JUGA: Danone-Aqua Terapkan Kebijakan Kesehatan dan Keamanan Ketat

"Saya yakin kalau air galon dari pabrik yang saya jual selama bertahun-tahun ini terjamin keamanannya,” kata Syafei, pedagang tradisional di kawasan Ciracas, Jakarta Timur, Senin (8/6).

Dia menambahkan, selama pandemi virus corona penjualan air galon Aqua lebih meningkat dari sebelumnya.

BACA JUGA: Danone-Aqua Panen Anugerah Proper Emas dan Hijau

“Mungkin sebagian besar pekerja dan pelajar ada di rumah. Pelanggan saya juga percaya dengan Aqua galon yang saya jual kalau pesannya langsung dari distributor resmi jadi lebih yakin," tambah Syafei.

Hal senada juga diungkapkan oleh Farid, pemilik toko kelontong yang menjual berbagai merek AMDK di Krukut, Jakarta Barat.

Sejak pandemi virus corona melanda, dia mengakui penjualan air minum dalam botol kecil mengalami penurunan. Namun, kemasan galon justru mengalami kenaikan.

"Sejak PSBB di berlakukan pelanggan rumah tangga saya lebih banyak pesan galon karena lebih ekonomis. Sekarang kan pada di rumah sehingga permintaan kemasan galon lebih banyak keluarnya," ungkapnya.

Yani, seorang ibu rumah tangga di Depok, mengatakan bahwa selama puluhan tahun keluarganya menggunakan air minum galon guna ulang bermerek terkenal.

Sebab, dia percaya kualitas dan keamanan produk galon buatan pabrik tersebut.

“Aqua galon sudah pasti kualitasnya dan saya tidak pernah mengalami masalah dalam mengkonsumsi produk itu. Produknya pun mudah didapat,” kata Yani.

Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin, mengatakan bahwa selama ini pihaknya berusaha untuk tetap memenuhi kebutuhan minuman keluarga Indonesia.

“Kami mengikuti aturan pemerintah dan menerapkan protokol keamanan dan kualitas yang ketat mulai dari proses produksi hingga produk siap di konsumsi,” jelas Arif .

Arif menambahkan, selama puluhan tahun, kemasan galon guna ulang Aqua telah dikenal dan digunakan masyarakat Indonesia.

Aqua galon juga menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan karena dapat digunakan dan diisi ulang kembali di pabrik.

"Saat ini, sebagian besar masyarakat menggunakan air minum kemasan galon guna ulang di rumah, sekolah dan tempat kerja karena produk ini sudah dikenal dan beredar di pasar selama puluhan tahun," ujarnya.

Air minum berkualitas yang dikemas dalam kemasan galon guna ulang telah melalui pengolahan dengan memenuhi syarat mikrobiologi, klinis, dan syarat fisik serta terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BPOM memberikan Nomor Izin Edar (NIE) pada label kemasan pangan baik untuk sekali pakai maupun guna ulang seperti air minum kemasan galon.

Hal ini menandakan produk telah memenuhi persyaratan pangan terhadap keamanan, mutu, dan gizi serta harus sudah memenuhi semua syarat dalam regulasi terkait untuk memastikan keamanannya.

“Jika sudah mendapatkan izin edar, artinya produk tersebut sudah sesuai dengan standar keamanan pangan yang ditetapkan pemerintah baik dari segi kualitas produk dan proses produksinya,” jelas Direktur Standardisasi Pangan Olahan BPOM Sutanti Siti Namtini beberapa waktu lalu.

Guru Besar  Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Ir Ahmad Sulaeman PhD memastikan air kemasan galon guna ulang sudah terbukti aman dikonsumsi.

Sebab, sudah ada dan di kenal masyarakat selama puluhan tahun dan sudah terbukti kualitasnya dalam melindungi produk air minum kemasan.

"Setiap produk yang sudah dikemas dan disegel sesuai standar yang telah ditetapkan berdasarkan regulasi pemerintah, sudah pasti higienis dan aman dikonsumsi," ujar Ahmad. (jos/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler