Arab Saudi Cs Sepakat Bantu Amerika Menghukum Iran

Jumat, 01 November 2019 – 08:48 WIB
Donald Trump dan Raja Salman. Foto: AFP

jpnn.com, RIYADH - Sebanyak enam negara Arab sepakat membantu Amerika Serikat menerapkan sanksi terhadap puluhan perusahaan, bank dan individu yang membantu Iran menyalurkan dana ke kelompok-kelompok militan di kawasan Timur Tengah. Negara-negara itu adalah Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar dan Uni Emirat Arab.

Total ada 25 perusahaan yang dimasukkan ke dalam daftar hitam negara-negara Arab tersebut. Sebelumnya, Kementerian Keuangan Amerika Serikat telah lebih dulu menjatuhkan sanksi kepada mereka.

BACA JUGA: Iran Tertawakan Keputusan Amerika Kembali ke Suriah demi Minyak

"Ini adalah upaya menghentikan aktor jahat," ujar Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin kepada Reuters di Riyadh, Rabu (30/10).

Sejumlah sanksi kembali diberlakukan terhadap Teheran setelah Presiden Donald Trump menarik Amerika Serikat dari perjanjian nuklir 2015. Akibatnya, pendapatan minyak Iran nihil dan Negeri Para Mullah itu terputus dari dan dunia finansial.

BACA JUGA: Bank-Bank Malaysia Tutup Rekening Milik WN Iran, Perintah Amerika?

"Presiden (Trump) sudah sangat jelas bahwa kami sedang memberikan tekanan maksimal terhadap Iran," tambah Mnuchin. (ant/dil/jpnn)

BACA JUGA: Amerika Bunuh Bos ISIS, Iran: Dia Makhluk Ciptaanmu Sendiri


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler