Arahan Mayjen Matondang & Irjen Putra: Perintah Pimpinan Jelas, Tanpa Tawar-Menawar

Selasa, 01 Desember 2020 – 10:19 WIB
Panglima Kodam XIII/Merdeka, Mayor Jenderal TNI Santos G Matondang dan Kepala Polda Sulawesi Utara, Inspektur Jenderal Polisi RZ Panca Putra. ANTARA/Penerangan Kodam XIII/Merdeka

jpnn.com, MANADO - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G Matondang dan Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol RZ Panca Putra memberikan pengarahan kepada unsur pimpinan yang ada di wilayah kerja mereka dalam acara di Manado, pada Senin (30/11).

Sulawesi Utara (Sulut) merupakan salah satu provinsi yang menjadi tanggung jawab teritorial Kodam XIII/Merdeka, karena wilayah mereka juga termasuk Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Tengah.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Marah Besar terkait Teror di Sigi, Ada Pesan Khusus untuk Kapolri

Mayjen Matondang mengatakan, di tahun ini ada dua krisis terbesar dunia yang tengah dihadapi, yaitu krisis kesehatan dan krisis ekonomi.

"Dalam krisis kesehatan kita dihadapkan pandemi Covid-19. Untuk itu tugas kita dalam menghadapi Pilkada serentak dan Hari Raya Natal, 25 Desember 2020 meningkatkan protokol kesehatan dengan mencegah terciptanya klaster baru di daerah masing-masing," katanya.

BACA JUGA: Guru Honorer Tua Belum Menyerah, Targetnya Keppres PNS dari Presiden Jokowi

Ke depan, kata Mayjen Matondang, Sulut juga akan menghadapi pelaksanaan Pilkada 2020 secara serentak, serta Hari Natal dan Tahun Baru. Kegiatan tersebut menurutnya harus diantisipasi agar jangan sampai menjadi klaster penularan virus Corona.

"Untuk itu hindari jangan sampai ada klaster-klaster baru di daerah masing-masing. Jaga stabilitas keamanan dan ketertiban di daerah masing-masing," tegas Mayjen Matondang.

BACA JUGA: Perintah Tegas Jenderal Idham Azis: Tembak Mati Saja

Dia mengatakan bahwa para komandan Kodim dan kepala Polres agar menjaga kekompakan sehingga dapat menciptakan situasi dan kondisi Kamtibmas yang kondusif di wilayah masing-masing.

Sementara itu, Irjen Panca Putra mengatakan bahwa TNI dan Polri telah berperan aktif terutama selama 9 bulan terakhir dalam menangani wabah Covid-19.

"Apa yang sudah diperintahkan pimpinan atas sudah jelas, laksanakan tanpa tawar-menawar, dan selalu jaga solidaritas serta sinergitas kita," ucap Irjen Putra.

Pengarahan di Aula Grhadika Jaya Sakti Markas Komando Kodam XIII Merdeka itu dihadiri Kepala Staf Panglima Kodam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wirana P Budi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, dan Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko.

Selain itu hadir juga para pejabat utama Kodam XIII/Merdeka, pejabat utama Polda Sulawesi Utara serta para komandan Kodim dan kepala Polres di wilayah Kodam XIII/Merdeka dan Polda Sulut.(antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler