Arema Berpeluang Besar ke Final

Selasa, 24 September 2013 – 05:15 WIB
Selebrasi pemain Arema. Foto: JPNN

jpnn.com - MALANG - Arema Cronous menjejakkan satu kakinya ke partai final Piala Menpora 2013. Itu terjadi setelah Christian Gonzales dan kawan-kawan sukses menggulung Mitra Kukar dengan skor telak 4-1 (2-0) dalam laga di Stadion Kanjuruhan, Kab Malang, tadi malam (23/9).

Gol-gol Arema dicetak Gonzales pada menit ke-19 dan 46, bunuh diri Syamsidar (43"), dan Greg Nwokolo (65"). Sedangkan gol hiburan Mitra Kukar dibuat Raphael Maitimo. Kemenangan atas Mitra Kukar ini membuat Arema memimpin grup B dengan enam poin. Sebab, di laga sebelumnya (21/9), tim berjuluk Singo Edan itu juga menang atas tim asal Filipina Loyola Meralco Sparks (LMS) dengan skor 1-0. Hasil imbang di laga terakhir melawan Persepam Madura United besok (25/9) sudah mengantar Arema melaju ke partai final. Pasalnya, tim urutan kedua LMS baru memiliki tiga poin hasil kemenangan 3-1 atas Persepam kemarin sore.

BACA JUGA: Timnas U-19 Dingatkan Jangan Tergoda Rayuan Iklan

Kembali ke laga Arema melawan Mitra Kukar. Dari jalannya pertandingan, tuan rumah tampil apik dengan beberapa rotasi pemain. Greg, Edmar Garcia, sampai kiper Kadek Wardana yang dimainkan sejak menit awal cukup membuat permainan Arema lebih bertenaga.
 
Di sisi lain, tim tamu Mitra Kukar tampil kurang gereget. Tampak sekali Hamka Hamzah dan kawan-kawan masih kelelahan pasca ditekuk Persepam 0-2 di laga sebelumnya. Kondisi itu dimanfaatkan dengan baik oleh penggawa Singo Edan.
 
Pertandingan baru berjalan 19 menit, Gonzales membuat Arema unggul 1-0. Berawal dari umpan silang Hendro Siswanto di sisi kanan, pemain berjuluk El Loco itu sukses mengelabui kiper Mitra Syamsidar sebelum menceploskan bola ke tiang dekat.
 
Gol itu seakan membuat Mitra makin drop. Nyaris tidak ada serangan berarti yang dilancarkan Naga Mekes (julukan Mitra Kukar). Bahkan, pada  menit ke-43, sebuah kesalahan fatal dilakukan Syamsidar. Berawal dari umpan balik yang dilakukan Zulkifli Syukur, Syamsidar yang mendapatkan tekanan dari Greg justru luput membuang bola. Sehingga bola meluncur mulus ke gawang sendiri. Arema pun menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.
 
Di babak kedua, Arema langsung kembali menekan. Baru satu menit babak kedua berlangsung, Gonzales mencetak gol keduanya. Tak cukup sampai di sini, pada menit ke-65, Greg menambah penderitaan Mitra. Tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti membuat tim penjamu memimpin empat bola.
 
Setelah unggul jauh, kubu Arema mulai mengendurkan serangan. Beberapa pemain kunci seperti Keith "Gumbs" Kayamba dan Gonzales digantikan Irsyad Maulana dan Beto Goncalves di pertengahan babak kedua.
 
Perubahan itu membuat Mitra sedikit bisa berkembang. Dan gol hiburan pun lahir lewat tendangan keras Raphael Maitimo yang memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti Arema pada menit ke-77.
 
Asisten pelatih Arema Joko Susilo pun menyambut gembira kemenangan tadi malam. Sebab, pemainnya juga berhasil tampil maksimal. Bukan hanya itu, apresiasi dari Aremania berupa spanduk bertulisan "Gethuk Kane" pun dibentangkan di salah satu tribun suporter.
 
"Saya berikan apresiasi kepada pemain yang sudah mengeluarkan 120 persen kemampuannya dalam pertandingan tadi. Kalau masalah apresiasi dari Aremania, itu terlalu berlebihan. Karena masih ada asisten pelatih lain yang ikut meramu tim ini. Kami juga masih berkomunikasi dengan pelatih kepala (Rahmad Darmawan di timnas U-23, Red)," tuturnya merendah.
 
Sementara itu, pelatih Mitra Kukar Stevan Hansson mengakui bahwa timnya tampil sangat buruk. Sebab, banyak kesalahan koordinasi yang dilakukan pemainnya. "Tapi, saya tidak bisa menyalahkan sepenuhnya pemain. Sebab, mereka masih kelelahan dengan jadwal padat di turnamen ini," keluh pelatih asal Swedia tersebut. (iw/abm/JPNN/c9/ko)
 
 Klasemen Sementara

 Grup B
 1. (2) Arema C               2 2 0 0 5-1 6
 2. (3) Loyola MS            2 1 0 1 3-2 3
 3. (1) Persepam MU       2 1 0 1 3-3 3
 4. Mitra Kukar                2 0 0 2 1-6 0

Laga Hari Ini:
CCM v Persib Bandung
(Siaran langsung MNCTV, 15.30 WIB)
Sriwijaya FC v Malaysia U-23
(Siaran langsung MNCTV, 18.30 WIB)

BACA JUGA: Moratti Sanjung Mazzarri Setinggi Langit

BACA JUGA: Tata Tak Risaukan Ball Possession Barca

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ozil, Ambisi Tinggi tapi Rendah Hati


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler