Arinal Siap Tuntaskan Masalah Pertanian Lampung

Jumat, 10 November 2017 – 23:27 WIB
Arinal Djunaidi. Foto: radarlampung/jpg

jpnn.com, LAMPUNG TENGAH - Menuntaskan masalah pertanian merupakan prioritas utama Ir. Arinal Djunaidi maju sebagai calon gubernur (cagub) Lampung pada Pilkada Serentak 2018 mendatang.

Hal ini diungkapkannya dalam pengajian akbar bersama Ustad Soleh Mahmoed alias Solmed di Kampung Nambahrejo, Kecamatan Kotagajah, Lampung Tengah, pukul 15.00 WIB kemarin.

BACA JUGA: Dukungan dari Tokoh NU Kultural Mengalir ke Cagub Arinal

Arinal yang maju didukung Partai Golkar, PAN, dan PKB ini menegaskan, Lampung termasuk bumi agraris yang menopang 40 persen kebutuhan ibu kota Jakarta.

’’Lampung ini bumi agraris. Lamteng merupakan lumbung pangan Lampung. Ibu kota Jakarta butuh 40 persen hasil pertanian dan peternakan dari Lampung," katanya di hadapan ribuan jamaah yang didominasi ibu-ibu.

BACA JUGA: Pekerja Migran Bertambah, Petani di Desa Makin Berkurang

Permasalah yang dihadapi petani di Lampung, kata ketua DPD I Partai Golkar Lampung ini, bisa diselesaikan jika dirinya terpilih menjadi gubernur Lampung.

"Sekarang ini musim hujan. Hujan adalah barokah untuk musim tanam. Permasalahan pupuk dan irigasi, Insya Allah akan kita selesaikan. Jika terpilih jadi gubernur Lampung, saya akan mengedepankan kebutuhan rakyat yang notabene petani. Prioritas kepentingan petani. Tapi, prioritas lainnya juga akan tetap berjalan. Saya anak petani, sekolah pun di pertanian. Jadi, saya mengerti apa yang dirasakan petani," ujarnya.

BACA JUGA: Romahurmuziy Bakal Umumkan Cagub yang Diusung PPP Besok

Arinal bercerita, dulu Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Vietnam, dan Thailand belajar pertanian di Lampung. "Dulu banyak yang belajar pertanian di Lampung. Ini karena Lampung tempat yang strategis untuk pertanian. Tapi, sekarang malahan kita impor. Nah, nasib petani ini yang akan saya ubah jika terpilih jadi gubernur. Mari bangkit bersama membangun Lampung menjadi daerah pertanian. Bagimana petani Lampung jadi pendukung pertanian nasional," ucapnya.

Terkait kesulitan pembagian air sehingga tidak bisa tanam serentak, Arinal telah memiliki program mengatasi hal ini. "Saya punya program bagaimana petani bisa tanam serentak. Ini akan saya buktikan. Menanam padi tidak perlu harus banyak air. Tapi, caranya harus benar. Ini ada tekniknya," ungkapnya.

Sedangkan Riana Sari, istri Arinal, juga meminta dukungan dan doa restu kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk memilih Arinal. "Saya mohon dukungan dan restunya atas pencalonan Bapak Arinal sebagai gubernur Lampung. Jika terpilih nanti, Insya Allah akan tetap tulus melayani rakyat seperti yang ada dalam slogan," tuturnya.

Jika Arinal tidak tulus melayani rakyat, kata Riana, dirinya orang pertama yang akan selalu mengingtakan agar tetap selalu tulus melayani rakyat.

"Saya orang pertama yang akan ingatkan beliau untuk selalu tulus melayani rakyat. Minta doa restunya. Yakinlah bahwa Pak Arinal akan selalu menjalankan amanah," ungkapnya.

Riana juga mengajak masyarakat yang hadir untuk memasang banner di rumahnya masing-masing. "Ayo pasang banner Pak Arinal agar delapan program visi-misinya bisa diingat. Nanti jika Pak Arinal terpilih jadi gubernur, 100 orang dari 15 kabupaten/kota akan diundi untuk mendapatkan umrah. Banner-nya harus dijaga dengan baik. Tim survei yang akan menilai," ungkapnya.

Riana Sari juga menyampaikan delapan program unggulan yang diusung Arinal. Yakni peningkatan ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja baru dan penguatan pangan melalui sektor pertanian; percepatan perbaikan infrastruktur jalan dan pemeliharaannya; jaminan keamanan bagi seluruh masyarakat; penyediaan listrik bagi desa yang belum terjangkau; peningkat layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat; peningkatan kualitas pendidikan dasar, menengah, dan tinggi; perlindungan anak dan pemberdayaan ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga; serta layanan publik yang prima bagi seluruh masyarakat.

Sementara Ustad Solmed mengajak jamaah yang hadir agar tidak salah pilih. "Semoga tidak salah pilih dan tidak masuk dalam lubang yang sama. Mari kita doakan apa yang dihajatkan Pak Arinal tercapai," katanya.

Solmed mengatakan, bahwa khusus ibu-ibu merupakan orang yang tulus. "Ibu-ibu merupakan orang yang tulus. Kalau tidak tulus, tidak mungkin punya anak lebih dari satu. Ibu-ibu tahu kan rasanya melahirkan. Jadi orang tulus nggak kapok-kapok. Seperti dalam banner Pak Arinal, tulus melayani rakyat. Semoga Pak Arinal benar-benar tulus melayani rakyatnya kelak jika terpilih jadi gubernur Lampung," ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, Arinal dan Ustad Solmed juga menggelar pengajian akbar di kampung Timbulrejo, kecamatan Bangunrejo, Lamteng. Ikut hadir dalam pengajian akbat kemarin mantan Wakil Bupati Lamteng Musa Ahmad, mantan Bupati Lampung Selatan Wendy Melfa, Ketua DPRD Lamteng A. Junaidi Sunardi, Ketua DPD I Partai Golkar Lamteng Kaswan Sanusi, anggota DPRD Lamteng. (sya/c1/gus)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tanpa Gerindra, Demokrat Optimis Ridho Bisa Berlayar


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler