Arnold Kunjungi Korban Kebakaran

Jumat, 04 September 2009 – 03:10 WIB
Foto : AP

LOS ANGELES - Jika selama ini sosok Arnold Schwarzenegger dikenal sebagai jagoan ketika menumpas lawan-lawan dalam sejumlah film yang dibintanginya, hal ini berbeda jauh dengan posisinya saat ini sebagai Gubernur Negara Bagian California di Amerika SerikatArnold seolah tak berdaya menghadapi kebakaran hebat yang melanda wilayahnya.

Seperti dilaporkan Associated Press, Arnold mengunjungi sejumlah lokasi yang hangus akibat kebakaran

BACA JUGA: YouTube Akan Sewakan Film

Kamis (3/9) waktu setempat, Arnold menjumpai sejumlah warga yang rumahnya hancur lebur karena terbakar
Sang gubernur pun memperhatikan masyarakat di rumah susun Vogel di Ngarai Big Tunjunga yang dikunjunginya, dimana sebagian besar dari 40 rumah yang ada telah dilalap api.

Api telah meluas hingga 38 persen dari wilayah selatan California, atau naik dari hari sebelumnya yang hanya 28 persen

BACA JUGA: Model Terlalu Belia, Iklan Pakaian Dipersoalkan

Api telah meluas hingga 147 ribu acre atau 226 mil persegi dan menjadi kebakaran terbesar dalam sejarah California Selatan.

Arnold berbicara pada para penduduk tentang kerugian yang dialami, sekaligus menyampaikan rasa terima kasihnya pada para petugas pemadam kebakaran yang bekerja memadamkan api
Di salah satu tempat yang dikunjunginya, mantan binaraga itu mengangkat barbel seberat 30 pound yang ditemukan diantara puing-puing.

"Meskipun masih berperang melawan api, saat ini kami mencoba untuk membantu orang-orang mendapatkan kehidupannya terbangun lagi," ujar Arnold

BACA JUGA: Diterpa Badai Jimena, Meksiko Waspada

"Saat melihat kehancuran seperti ini, sangat mengerikan untuk kehilangan rumah dan barang-barang pribadi anda," tandasnya.

Meski secara keseluruhan ada kemajuan dalam melawan api, semalam petugas pemadam kebakaran disibukkan oleh sebuah lontaran suar dari ngarai di tempat terpencil yang anginnya bertiup kencangPetugas Pelayanan Kehutanan AS mengatakan, 25 orang di 11 rumah tekah dievakuasi dari area ngarai.

Kebakaran hingga kini telah memasuki hari kedelapan, menghancurkan 64 rumah, membakar tiga orang serta menewaskan dua petugas pemadamSemalam, seorang petugas pemadam kakinya terluka ketika terjatuh dari tebing setinggi 20 kaki dan dibawa ke rumah sakit dengan memnggunakan helikopter medis

Pembuatan barikade penahan api diharapkan tuntas pada 15 September mendatangArtinya, dinas pemadam kebakaran mengharapkan api telah dikelilingi barikade sepenuhnya

Petugas pemadam telah melakukan upaya pemadaman melalui udara untuk membantu usaha pemadaman di daratHelikopter telah menyiram api dengan 1.7 juta galon air, sebuah jumlah air yang cukup untuk memenuhi tiga kolam renang ukuran olimpiadeSementara pesawat juga menjatuhkan 670 ribu gallons retardant (zat semacam busa) untuk memadamkan api.

Komandan Layanan Kehutanan AS, Mike Dietrich mengatakan, pihaknya telah mempercepat upaya dan bekerja secara maraton"Andai ini adalah balapan sejauh 26 mil, kami hanya di mil enam saja," sebutnya.

Meski demikian ada tanda-tanda yang muncul bahwa warga Los Angeles tengah bergerak untuk melampaui ancaman kebakaranSeperti di awal pekan ini, tim sepakbola UCLA sempat ketakutan dan menunda pertandingan karena begitu dekatnya api dengan stadion Ros Bowl yang menjadi stadion kandangNamun pihak Universitas mengatakan pertandingan tetap akan dimainkan sesuai jadwal.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kanker Prostat, Bomber Lockerbie Sekarat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler