Aruna Mendorong UMKM Binaan Naik Kelas, Ekonomi Meningkat 

Jumat, 10 Maret 2023 – 22:05 WIB
Aruna dan Yayasan Maritim memberikan bantuan modal usaha untuk UMKM Abon Ikan Mandar. Foto dok. Aruna

jpnn.com, JAKARTA - Aruna dan Yayasan Maritim memberikan bantuan modal usaha untuk UMKM Abon Ikan Mandar.

Hingga saat ini, UMKM Abon Ikan Mandar sudah beranggotakan 5 perempuan pesisir yang berasal dari Kampung Mandar, Banyuwangi. 

BACA JUGA: KKP Galakkan Hilirisasi Industri Perikanan dan Kelautan, Startup Aruna: Positif

Melalui bantuan yang telah diberikan Aruna dan Yayasan Maritim, UMKM Abon Ikan Mandar kini telah berhasil mengolah hingga 50 kilogram produk per minggunya. 

UMKM Abon Ikan Mandar adalah UMKM binaan Aruna dan Yayasan Maritim dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

BACA JUGA: Aruna & Yayasan Maritim Indonesia Salurkan Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

Utari Octavianty, Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna, mengatakan bentuk bantuan yang diberikan Aruna dan Yayasan Maritim berupa modal usaha, yakni packaging dan alat spinner.

Aruna melalui Yayasan Maritim mendorong penuh UMKM binaan untuk dapat “naik kelas” serta meningkatkan kehidupan ekonomi mereka. 

BACA JUGA: Hadir di Sial Interfood, Aruna Kenalkan Produk Daging Rajungan Premium

Produk UMKM ini diharapkan dapat mewujudkan ketersediaan mutu komoditi produk perikanan agar masyarakat umum dapat mengonsumsi produk perikanan yang aman dan bermutu. 

"Ke depannya, Aruna akan terus memfasilitasi dan mendorong UMKM binaan untuk terus produktif mengolah produk perikanan serta membantu membuka peluang pasar untuk promosi produk-produk UMKM binaan Abon Ikan Mandar," tutur Utari Octavianty dalam keterangannya, Jumat (10/3).

Utari menambahkan Fisheries sustainability tidak hanya terbatas pada keberlanjutan lingkungan laut, tetapi tentu juga merambah pada pemberdayaan komunitas pesisir, termasuk para pelaku UMKM. 

Dengan binaan yang diberikan, ujarnya, produk abon ikan yang dihasilkan oleh kelompok UMKM ini telah dipasarkan di beberapa toko oleh-oleh di Banyuwangi.

Dengan pembinaan ini, diharapkan kapasitas produksi UMKM pun dapat meningkat. "Produk UMKM sudah makin didukung, kini juga makin siap ramaikan pasar Indonesia," terang Utari.

Alief R. Kartiono, selaku kepala Dinas Perikanan Banyuwangi, menyampaikan dari serangkaian pembinaan, Aruna kali ini menyerahkan bantuan modal usaha berupa packaging produk dan alat spinner.

Pemberian packaging dilakukan untuk meningkatkan nilai jual produk, serta membangun brand yang baik di pasaran. 

Di lain sisi, pemberian alat spinner diberikan agar dapat mengurangi kandungan minyak pada abon, sehingga meningkatkan daya tahan abon ikan agar produk UMKM pun makin kredibel kualitasnya. 

"Ke depannya, Pemkab Banyuwangi beserta Aruna dan Yayasan Maritim akan terus berkomitmen untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM masyarakat pesisir," pungkas Alief. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler