Arus Balik: Inilah Beberapa Rest Area Jadi Perhatian Utama

Jumat, 30 Juni 2017 – 06:11 WIB
Kemacetan parah terjadi di Tol Bekasi arah Cikampek pada hari kedua Lebaran, Senin (26/6/2017). Foto: RAKA DENNY/JAWAPOS

jpnn.com, JAKARTA - Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk memberlakukan sistem buka tutup untuk rest area pada arus balik lebaran ini.

Diakuinya, rest area ini memang kerap menjadi salah satu simpul kemacetan kala volume kendaraan sedang naik tajam.

BACA JUGA: Hari Ini Puncak Arus Balik, Tol Darurat Dibuka Lagi

Terjadi aktivitas keluar masuk kendaraan yang mengakibatkan lalu lintas sedikit terganggu. Belum lagi adanya perilaku pengguna jalan yang menggunakan bahu jalan sebagai lahan parkir.

Ada beberapa rest area yang akan jadi perhatian utama. Yakni, KM 71, 62, 52, 42 dan 33 arah Jakarta.

BACA JUGA: Arus Balik: Begini Kondisi Pantura Kendal Masuk Tol Gringsing

”Penutupan akan dilakukan atas koordinasi dengan pihak kepolisian dengan memperhatikan kondisi lalin,” ujarnya.

Oleh karenanya, Heru menghimbau agar para pemudik menyiapkan perbekalan makanan dan BBM yang cukup sebelum memasuki area tol.

BACA JUGA: Arus Balik Sudah Padat Sejak Rabu Malam

Di sisi lain, belajar dari arus mudik sebelumnya, Jasa Marga juga akan mengoptimalkan gardu tol untuk arah menuju Jakarta.

Heru mengatakan, pihaknya akan membuka 31 gardu di Cikarang Utama untuk menampung 110.900 kendaraan yang diperkirakan menyerbu Jakarta melalui ruas tol Jakarta Cikampek pada puncak arus balik Sabtu (1/7).

”Pada H+6 yaitu hari Minggu (2/7) kepadatan diprediksi sedikit menurun dari hari sebelumnya, menjadi 110.800 kendaraan,” jelasnya.

Selain itu, Heru turut menghimbau agar pengguna jalan memanfaatkan uang elektronik untuk pembayaran tol.

Selain dapat mempercepat waktu transaksi, pengguna jalan bisa memanfaatkan diskon 20 persen yang diberikan Jasa Marga mulai kemarin (H+4) sampai dengan H+6 (2/7) nanti.

Padatnya jalur darat agaknya belum dirasakan untuk moda penyebrangan. Masih banyak pemudik ferry dari Sumatera yang belum kembali ke Jawa.

Berdasarkan data posko Bakauheni, dari total penumpang arus mudik yang menyebrang dari Merak sejak H-10 hingga H lebaran 943.371 orang, baru 21 persennya yang telah kembali dari Bakauheni. (and/mia/idr)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jasa Marga Lakukan Contra Flow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler