Asa MIND ID Demi Memajukan Kesejahteraan UMK di Daerah Operasional Anggota Holding

Selasa, 30 Juli 2024 – 17:41 WIB
MIND ID terus berkomitmen melakukan pembinaan dan pengembangan usaha mikro dan kecil (UMK), khususnya untuk mendorong kesejahteraan masyarakat di daerah operasional anggota holding. Foto: Dokumentasi MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) terus berkomitmen melakukan pembinaan dan pengembangan usaha mikro dan kecil (UMK), khususnya untuk mendorong kesejahteraan masyarakat di daerah operasional anggota holding.

Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf mengatakan kontribusi Grup MIND ID dalam pengembangan UMK binaan merupakan strategi dijalankan perusahaan melalui berbagai program mulai dari fasilitas sertifikasi, penyaluran Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK), serta penyelenggaraan program pelatihan dan pembinaan berkelanjutan.

BACA JUGA: Menyokong Ekonomi Nasional, BRI Salurkan Kredit Triliunan Rupiah ke UMKM

Grup MIND ID berkomitmen untuk berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan segmen UMK sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia.

Melalui berbagai program pembinaan, perusahaan berharap dapat memberdayakan lebih banyak UMK, mendukung mereka naik kelas sehingga mampu menciptakan lapangan kerja baru di masyarakat.

BACA JUGA: Cegah Transaksi Palsu, GoPay Luncurkan Aplikasi untuk UMKM

"Pembinaan yang kami lakukan terhadap para pelaku bisnis UMK diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal, menciptakan kemandirian ekonomi, dan mendorong usaha mikro-menengah naik kelas," kata Heri dalam keterangannya, Selasa (30/7).

Melalui berbagai program inovatif, lanjut Heri, MIND ID berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan daya saing UMK binaannya.

BACA JUGA: Menko Airlangga & Menteri Teten Apresiasi Kolaborasi Multi-Helix Sampoerna untuk UMKM

Heri menuturkan Grup MIND ID fokus pada peningkatan kualitas produk dan membantu aspek pemasaran, dengan memberikan dukungan dengan memfasilitasi proses sertifikasi halal bagi UMK binaan.

Salah satu program unggulan Grup MIND ID ini dijalankan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) untuk 13 UMK binaannya pada 2024.

Program sertifikasi halal juga dilakukan oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Timah Tbk (TINS).

Grup MIND ID juga memberikan dukungan melalui Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK).

Program ini bertujuan memberikan modal sekaligus pendampingan kepada pelaku UMK yang menjadi mitra binaan.

Grup MIND ID tercatat proaktif menyalurkan dana program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) untuk Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK).

Program ini disalurkan kepada 1.076 mitra binaan pada tahun 2023. Dari total tersebut, telah disalurkan untuk UMK Binaan yang bergerak di delapan sektor, yaitu perdagangan, perkebunan, pertanian, jasa, industri, peternakan, perikanan dan lainnya.

Dukungan pada pengembangan UMK juga dilaksanakan oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) yang berhasil membina dan memberikan modal usaha kepada peternakan Yayasan Jayasakti Mandiri (YJM) di Kampung Utikini Baru (SP 12).

YJM merupakan bukti nyata kesuksesan PTFI dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perseroan dalam meningkatkan pelaku UMK di Papua.

Jerih payah MIND ID dalam mendukung pengembangan UMK, lanjut Heri, menjadi bentuk tanggung jawab perusahaan melihat pentingnya keberadaan UMK yang mampu memberikan sumbangan signifikan dalam pembentukan produk domestik bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja.

Heri menambahkan pembinaan UMK merupakan bagian integral dari komitmen MIND ID untuk berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia.

"Kami percaya UMK memiliki potensi yang sangat besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan menciptakan lapangan kerja,” pungkas Heri. (mcr10/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler