ASN yang Ingin Maju Pilkada Harus Segera Mundur

Rabu, 15 Mei 2024 – 16:07 WIB
Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Yohanis Walilo (ANTARA/Qadri Pratiwi).

jpnn.com - JAYAPURA - Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ingin maju sebagai kandidat calon kepala daerah pada Pilkada 2024 diminta untuk segera mengundurkan diri dari jabatan.

Hal ini sangat penting demi menjaga netralitas ASN.

BACA JUGA: Kaesang Belum Cukup Umur Maju Pemilihan Gubernur

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Yohanis Walilo, netralitas ASN sangat diperlukan pada pilkada.

Netralitas ASN diyakini dapat meminimalisir gangguan keamanan dan menjaga kondusivitas di wilayah setempat dapat terjaga.

BACA JUGA: Di Era Digital Provokasi dan Hoaks Jadi Tantangan Demokrasi

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Yohanis Walilo mengatakan ASN salah satu garda terdepan dalam mendukung pelaksanaan pilkada berjalan lancar.

“Sehingga sangat penting netralitas ini dijaga agar penyelenggaraan pada 27 November mendatang berjalan lancar,” ucapnya.

BACA JUGA: PPPK yang Sudah Resmi Bekerja tidak Berhak Mengajukan Usulan Mutasi

Menurut Yohanis, khusus ASN yang mau maju pilkada agar segera memasukkan surat pengunduran diri secara baik-baik.

Karena itu aturan yang berlaku dan menyesuaikan dengan peraturan komisi pemilihan umum (PKPU).

“Jika ada ASN yang maju pilkada nanti maka harus mengikuti ketentuan yang ada, yakni harus mundur dari jabatannya,” katanya.

Dia mengatakan pihaknya juga mengingatkan agar kandidat yang akan maju tetap menjaga keamanan di Papua dan menerapkan etika dengan tidak saling menjatuhkan.

“Setiap orang mempunyai hak untuk mencalonkan diri yang terpenting tetap menjaga kedamaian di Bumi Cenderawasih dan tidak saling menjatuhkan,” katanya.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat akan ada rencana kunjungan dari Menteri Politik dan Hukum dalam rangka melihat langsung kesiapan penyelenggaraan Pilkada di Provinsi Papua.

“Pada kunjungan tersebut tidak hanya melihat Provinsi Papua namun juga seluruh Daerah Otonomi Baru (DOB),“ ucapnya. (Antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Ada yang Tertarik Maju Pilgub Kalsel Lewat Jalur Perseorangan


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler