Astra Akuisisi Seluruh Saham GES

Kamis, 16 Desember 2010 – 17:19 WIB
JAKARTA - PT Astra International Tbk (ASII) memperkuat bisnis pembiayaan dengan menyelesaikan akuisisi 100 persen saham PT General Electric Service (GES) dari kepemilikan General Electric Capital Corporation (GECAI)Melalui akuisisi tersebut, Astra menjadi pemilik tunggal PT Astra Sedaya Finance (ASF).

"Sehubungan dengan pembelian saham milik GECAI oleh perseroan dan terpenuhinya conditions precedent tersebut, maka pengambilalihan atas saham GES berlaku pada 10 Desember 2010," ujar Corporate Secretary Astra International Aminuddin dalam keterbukaan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) kemarin.

Sebelumnya, GES merupakan partner Astra dalam pembentukan PT Astra Sedaya Finance

BACA JUGA: Bapepam Kaji Dugaan Pelanggaran IPO Krakatau Steel

Astra International menguasai 53 persen saham, sedangkan GES memiliki 47 persen saham
dengan akuisisi penuh itu, maka secara tidak langsung ASII juga memiliki 47 persen saham PT Astra Sedaya Finance (ASF) yang semula dimiliki GES

BACA JUGA: Pangsa Pasar Modal Indonesia Kian Menjanjikan

Artinya, 100 persen saham ASF menjadi milik Astra.

"Sekarang keuangan kami dan kemampuan perseroan sudah kuat, sehingga akuisisi dilakukan," kata Kepala Komunikasi Korporasi ASII Arief Istianto.

ASF merupakan perusahaan pembiayaan terbesar dari total lima perusahaan yang berada di bawah naungan Astra Credit Companies (ACC)
Khusus untuk akuisisi saham GES, dana yang dikeluarkan mencapai Rp 2 triliun dari kas perseroan

BACA JUGA: Bank Mandiri Garap Pertamina Hulu Energi

"Akuisisi itu juga ditujukan untuk mendukung rencana jangka panjang perusahaan, terutama dalam menghadapi penjualan sektor otomotif yang diperkirakan terus meningkat," katanya.

Keputusan Astra untuk menjadi pemilik tunggal ASF selaras dengan kecenderungan konsumen produk otomotif yang lebih suka memanfaatkan skema pembiayaan (kredit) dalam membeli kendaraanUntuk penjualan motor secara nasional, 75 persen di antaranya dilakukan melalui skema kreditBegitu juga dengan kendaraan roda empat, 60 hingga 70 persen juga memanfaatkan pembiayaan(gen/fat)

BACA ARTIKEL LAINNYA... GSM 3 Cari Bintang Lewat Mobile Internet


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler