Astra Sukses Mencetak Sekolah Unggul di Daerah Tertinggal, Layak Ditiru 

Kamis, 24 November 2022 – 10:39 WIB
Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) sukses pencetak sekolah unggul di daerah tertinggal. Foto dok. YPA-MDR

jpnn.com, BOGOR - SMKN 1 Leuwiliang, Bogor meraih predikat sekolah unggul.

Sekolah binaan PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) itu meraih predikat tersebut dalam Media Tour bertajuk Sekolah Unggul untuk Indonesia di SMKN 1 Leuwiliang, Bogor pada Rabu (23/11).

BACA JUGA: Astra Internasional Siapkan 191 Titik Layanan Sepanjang Arus Mudik 2019

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Hartono Anwar memberikan apresiasi kepada YPA-MDR atas perhatian dan bantuan pendidikan kepada masyarakat khususnya Leuwiliang. 

"Saya berharap sekolah yang telah unggul ini bisa diimbaskan ke sekolah-sekolah lain," kata Hartono dalam siaran persnya, Kamis (24/11).

BACA JUGA: Tim Saber Pungli Awasi PPDB di Sekolah Unggulan

Kasubag Tata Usaha Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat, Cucu Salman menambahkan langkah YPA-MDR yang fokus di daerah tertinggal melahirkan sekolah yang luar biasa.

Salah satunya adalah keunggulan yang diraih oleh SMKN 1 Leuwiliang.

BACA JUGA: Tiap Kabupaten Wajib Punya Sekolah Unggulan, Gratis!

"Kami ucapkan terima kasih kepada YPA-MDR yang turut berkontribusi membangun sekolah ini," ujarnya.

Sektretaris pengurus YPA-MDR, Wedijanto Widarso menjelaskan predikat sekolah unggul ditentukan berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan YPA-MDR berkerja sama dengan Politeknik Astra setiap tahunnya.

Adapun kriteria sekolah unggul sebagai berikut:

1. Akademik, bobot 40%, meliputi kurikulum, kepala sekolah, guru, siswa, kesiswaan, bp/bk, perpustakaan, literasi, akreditasi sekolah.

2. Karakter, bobot 20%, meliputi implementasi karakter CerDAS (Cermat, Dinamis, Antusias, Sinergi).

3. Nonakademik, bobot 20%, meliputi program kecakapan hidup dan seni budaya.

4. Program pendukung, bobot 20%, kegiatan ekstrakurikuler, komite sekolah, prestasi, sinergi dengan dinas pendidikan, pemanfaatan sarana-prasarana sekolah.

Sekolah binaan di Kabupaten Bogor yang mendapatkan predikat sekolah unggul adalah SDN Karyasari 1, SDN Karysari 2, SDN Karyasari 3, SDN Hegarmanah, SDN Pabangbon 1, SMPN 4 Leuwiliang dan SMKN 1 Leuwiliang. 

Melalui pencapaian predikat sekolah unggul ini, YPA-MDR berharap sekolah-sekolah binaan dapat termotivasi untuk menorehkan prestasi baik pada bidang akademik dan nonakademik pada skala nasional, bahkan internasional hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

YPA-MDR berdiri sejak 2009 merupakan yayasan yang secara khusus didirikan dan dimiliki PT Astra International Tbk untuk mencetak sekolah unggul di daerah tertinggal.

Pola pembinaan yang dilakukan berdasarkan 4 pilar yang meliputi akademis, karakter, kecakapan hidup dan seni budaya.

Selain itu, YPA-MDR juga memberikan bantuan berupa sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang ditetapkan oleh pemerintah.

Hingga saat ini, YPA-MDR telah membina 110 sekolah (jenjang SD, SMP dan SMK/SMA) yang tersebar di 13 Kabupaten, yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Serang, Tangerang, Bogor, Majalengka, Kapuas, Kutai Barat, Barito Utara, Bantul, Gunungkidul, Pacitan, Kupang, dan Rote Ndao. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fokus Ciptakan Sekolah Unggul dan Berkualitas


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler