Asyik, Pemprov Sumsel Hadirkan Program Mudik Gratis untuk Masyarakat, Simak Syaratnya

Minggu, 10 Maret 2024 – 11:34 WIB
Pemprov Sumsel menyediakan program mudik gratis untuk masyarakat yang hendak pulang kampung pada Hari Raya Idulfitri 1445 H. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) menyediakan program mudik gratis untuk masyarakat yang hendak pulang kampung pada Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Program mudik gratis tersebut ditujukan bagi warga yang berdomisili di Sumsel.

BACA JUGA: Pemda Sumsel Siap Dukung Pembukaan Bandara Gatot Subroto Way Kanan

"Ini merupakan program Gerakan Mudik Gratis Serentak di Sumsel (GMGSS)," kata Kepala Dinas Perhubungan Sumsel Arinarsa, Minggu (10/3).

Arinarsa mengatakan pihaknya akan melakukan sosialisasi GMGSS tersebut kepada masyarakat.

BACA JUGA: Optimalkan Potensi Tambang di Sumsel, Pj Gubernur Agus Fatoni Bakal Fokus Perbaiki Jalan

"Mulai hari ini hingga tujuh hari ke depan kami akan melakukan sosialisasi gerakan mudik gratis ini ke masyarakat, dan selanjutnya pada 20 Maret 2024 mendatang akan dibuka pendaftaran mudik gratis secara daring,” terang Arinarsa.

Dia menyampaikan pihaknya menyedikan kuota sebanyak 700 kursi dengan moda tranportasi bus dan 520 kursi untuk kereta api pada mudik gratis tahun ini.

BACA JUGA: Jelang Ramadan, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Hadiri Rakor HBKN dan Pengendalian Inflasi

"Jumlah bus disediakan dalam program ini sebanyak 18 unit," sebutnya.

Perinciannya, lanjut Arinarsa, sebanyak 10 unit bua Antar-Kota Dalam Provinsi (AKDP) untuk tujuan dalam Provinsi Sumsel dan delapan unit bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk tujuan provinsi lainnya.

Untuk bus dalam provinsi memiliki lima rute perjalanan, yakni Palembang - Lahat - Pagaralam - Pendopo, lalu Palembang - Lahat - Tebing Tinggi.

Kemudian, Palembang - Musi Banyuasin - Lubuk Linggau - Musi Rawas Utara, rute Palembang - Kayuagung - Belitang - Muara Dua dan Palembang - Muara Enim - Baturaja - Martapura - Muara Dua.

Untuk tujuan luar provinsi lain, yakni Palembang - Padang Sidempuan, Palembang - Kota Medan, Palembang - Solok - Lubuk Basung, lalu Palembang- Solo dan Palembang - Surabaya.

Untuk mudik gratis menggunakan kereta api ada dua rangkaian kereta api, yakni Palembang - Lubuk Linggau (stasiun akhir) dan Palembang - Tanjung Karang (stasiun akhir).

"Program ini menjangkau tujuan dalam Provinsi Sumsel dan juga luar Provinsi Sumsel dengan menggunakan dua moda transportasi bus dan kereta api,” beber Arinarsa.

Lebih lanjut dikatakan Arinarsa, selama perjalanan masyarakat akan mendapatkan asuransi yang bekerja sama dengan Jasa Raharja.

Namun, pihaknya memberikan persyaratan bagi masyarakat yang ingin mengikuti program mudik tersebut.

"Selain syarat berdomisili di Sumsel, masyarakat harus menunjukkan STNK kendaraan yang telah membayar pajak. Hal ini juga bertujuan agar masyarakat juga patuh membayar pajak kendaraan mereka," tutur Arinarsa. (mcr35/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler