Atasi Demam yang Menyerang Anda dengan Mengonsumsi 7 Makanan Sehat Ini

Sabtu, 08 Oktober 2022 – 07:07 WIB
Sup ayam. Foto: bedbathandbeyond

jpnn.com, JAKARTA - MUSIM hujan bisa membuat kita mudah terserang penyakit.

Beberapa penyakit yang mudah menyerang Anda saat musim hujan antara lain demam, flu, batuk dan pilek.

BACA JUGA: 3 Pengobatan Alami untuk Menurunkan Demam Tinggi dengan Cepat

Demam merupakan reaksi spontan saat benda asing masuk ke dalam tubuh Anda, seperti virus dan bakteri.

Demam bisa mengakibatkan suhu tubuh Anda naik drastis.

BACA JUGA: 11 Makanan Sehat yang Ampuh Membakar Lemak Perut dengan Cepat

Beberapa cara bisa Anda lakukan untuk menurunkan demam.

Mulai dari istirahat yang cukup, minum banyak air, mengonsumsi obat penurun panas, hingga mengonsumsi berbagai makanan sehat.

BACA JUGA: Turunkan Demam Anda dengan 5 Obat yang Tersedia di Apotek Ini

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Livestrong.com.

1. Yoghurt Yunani

Jika Anda bisa mentolerir produk susu, yoghurt dan makanan sehat fermentasi lainnya seperti asinan kubis yang merupakan sumber probiotik yang baik, yang bisa meningkatkan mikrobioma usus dan membantu menurunkan demam.

Ketika jenis flora yang ramah tumbuh subur di usus Anda, sistem kekebalan tubuh kamu akan bersenandung dengan gembira dan sehat.

Itu karena usus Anda dan bakteri baiknya, yang menghancurkan mikroba berbahaya lainnya adalah garis pertahanan pertama kamu melawan pilek dan flu.

Yoghurt Yunani juga merupakan sumber protein yang luar biasa per porsi.

2. Sup Ayam

Makanan pokok bagi siapa saja yang demam, sup ayam membersihkan saluran hidung dengan mengencerkan lendir ketika kita mengalami hidung tersumbat.

Sup ayam membantu Anda tetap hangat ketika kamu menggigil dan menawarkan beberapa asam amino yang membantu melawan flu.

Mudah dicerna, sup yang mengenyangkan ini juga merupakan sumber protein yang baik, yang Anda butuhkan untuk membangun tubuh kita ketika demam dan memberikan hidrasi yang diperlukan.

Plus, secangkir sup ayam hangat adalah makanan yang paling menenangkan, karena akan membantu meredakan sakit tenggorokan.

3. Air Kelapa

Untuk menjaga kinerja tubuh Anda tetap prima, kamu harus tetap terhidrasi.

Mengisi cairan membantu memodulasi suhu tubuh Anda, menghambat infeksi dan mengangkut nutrisi yang diperlukan ke sel-sel Anda.

Ini sangat penting jika Anda demam dan kehilangan air melalui keringat.

Hidrator yang fenomenal, air kelapa membantu mengisi kembali cairan vital dan elektrolit penting yang Anda buang karena berkeringat atau diare.

Plus, tidak seperti H2O biasa, itu kaya akan potasium, yang dibutuhkan otot dan saraf Anda untuk berfungsi dengan baik dan dibutuhkan tubuh Anda untuk mengatur detak jantung kamu.

Pastikan Anda memilih merek yang 100 persen air kelapa tanpa tambahan gula atau rasa.

4. Buah

Saat demam, buah-buahan adalah teman Anda. Sebagian besar buah mengandung setidaknya 80 persen air.

Sehingga sangat bagus untuk rehidrasi, ditambah banyak lagi yang mengandung sejumlah besar vitamin C, yang penting untuk respon imun, serta perbaikan sel.

Jeruk dan buah jeruk kaya vitamin C lainnya membantu mendukung sistem kekebalan tubuh untuk menyingkirkan infeksi apa pun yang menyebabkan demam Anda.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa buah, terutama yang memiliki biji dan kulit, memiliki banyak serat dan mungkin sulit dicerna saat Anda demam, karena sistem pencernaan kamu mungkin tidak dalam kondisi terbaiknya.

Pisang dan alpukat yang ramah perut adalah pilihan yang baik karena mereka cenderung tidak menyebabkan ketidaknyamanan gastrointestinal.

5. Sayuran

Seperti buah-buahan, sayuran memasok kelebihan vitamin penting dan mineral yang sangat dibutuhkan yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu Anda menyingkirkan demam.

Secara khusus, dia merekomendasikan sayuran seperti wortel, bawang, dan seledri, yang bisa Anda masukkan ke dalam panci sup ayam buatan sendiri yang sehat.

6. Makanan Tinggi Protein

Dalam hal nutrisi penangkal infeksi, protein berada di urutan teratas.

Itu karena tubuh Anda membutuhkan protein untuk mengembangkan antibodi, yang membantu melindungi kamu dari serangan patogen.

Makanan kaya protein seperti kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan unggas mengandung mineral selenium dan seng, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Telur, yang juga mengandung vitamin D (mikronutrien penting untuk fungsi kekebalan tubuh) adalah sumber protein berlimpah lainnya.

7. Herbal dan Rempah-rempah

Anehnya, rak bumbu Anda mungkin menyimpan sejumlah obat demam alami dan penambah kekebalan tubuh.

Bawang putih, misalnya, mengandung allicin, yang merupakan senyawa antibakteri yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mungkin melawan demam.

Namun, jika Anda tidak menyukai ide memakan bawang putih mentah, kamu punya pilihan.

Ekstrak bawang putih tua juga bisa meningkatkan fungsi sel kekebalan Anda dan, akibatnya, meredakan gejala pilek, menurut sebuah studi Juni 2012 di Clinical Nutrition.

Jahe adalah rempah-rempah lain yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Gingerol, senyawa aktifnya, memiliki khasiat obat yang membantu mengatasi peradangan, mual dan muntah, di antara gejala lainnya.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
demam   Makanan Sehat   Sayuran   Buah  

Terpopuler