Atasi Kesepian dengan 6 Langkah Jitu Ini

Jumat, 25 Januari 2019 – 11:50 WIB
Ilustrasi kesepian. Foto: Flickr

jpnn.com - Kesepian yang berlangsung lama bisa menyebabkan depresi. Bahkan, cenderung merugikan kesehatan karena bisa memicu munculnya berbagai penyakit seperti jantung hingga penurunan kognitif.

Seperti dilansir dari laman Prevention, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari efek negatif kesepian. Apa saja itu? Yuk simak ulasannya berikut.

BACA JUGA: Kehilangan Waktu Tidur Bisa Berdampak pada Kesepian?

1. Bersosialisasi

Seseorang ingin merasa sendiri itu adalah wajar. Tapi jangan sampai menutup diri dari pergaulan. Untuk buat kegiatan yang memungkinkan Anda bersosialisasi seperti kelas memasak bersama teman atau ikut komunitas.

BACA JUGA: Orang yang Kesepian Berisiko Kematian 60 Persen

Baca juga: Orang yang Kesepian Berisiko Kematian 60 Persen

2. Kencan

BACA JUGA: Kesepian Ditinggal Pasangan? Coba Atasi dengan Cara Ini

Siapa bilang yang mereka yang menikah tak pernah merasakan kesepian? Padatnya aktivitas justru membuat pasangan jarang menghabiskan waktu bersama. Nah, tak ada salahnya mualilah atur waktu secara rutin untuk kencan berdua.

3. Salurkan hobi

Selain bersosialisasi dalam komunitas, Anda bisa coba lakukan apa yang menjadi keinginan. Misalnya mulai melaukan hobi baru seperti olahraga dan baca buku.

Baca juga: Kesepian Ditinggal Pasangan? Coba Atasi dengan Cara Ini

4. Jalin komunikasi

Agar tak monoton, ada baiknya Anda hubungi teman atau kerabat yang tinggal di luar kota. Jadwalkan untuk berkunnung atau merencanakan liburan bersama.

5. Jadi relawan

Kesukarelawanan adalah cara yang bagus untuk berinteraksi dengan orang lain yang memiliki kesamaan dengan Anda. Anda bisa bergabung dengan grup untuk pertemuan setidaknya sebulan sekali.

Baca juga: Kerap Merasakan Kesepian? Coba deh Gunakan Cara ini

6. Manfaatkan media sosial dengan bijak

Hanya melihat profil dan kegiatan orang di media sosial tidak membantu Anda untuk mengatasi rasa kesepian. Bahkan Anda bisa cenderung lebih depresi. Maka gunakan Instagram, Facebook, dan Twitter untuk benar-benar terhubung dengan orang-orang akan memberi Anda sedikit lebih memiliki koneksi. (jpc/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anda Takut Kesepian? Coba Lakukan Beberapa Tips Ini


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler