Atasi Perut Kembung dan Begah dengan 4 Bahan Alami ini

Jumat, 22 Maret 2019 – 04:08 WIB
Nanas. Foto: Freenology

jpnn.com - Meski tidak berbahaya, perut kembung dan begah bisa membuat Anda tidak nyaman beraktivitas. Penyebab dari kembung begah beragam, salah satunya adalah gangguan saluran cerna. Jika Anda mengalaminya, jangan khawatir, ada bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai obat.  

Saat terjadi kembung begah, Anda akan merasa perut menjadi ‘melebar’, tidak nyaman, dan penuh. Keluhan ini bisa disebabkan oleh adanya produksi gas di saluran cerna yang berlebih, susah BAB, intoleransi makanan tertentu, atau adanya kondisi medis tertentu (seperti penyakit celiac atau sindrom iritasi usus besar).

BACA JUGA: 6 Makanan ini Harus Dihindari Agar Perut tak Kembung

Selain dengan perubahan gaya hidup dan berkonsultasi ke dokter, Anda juga bisa menanganinya perut kembung dengan cara-cara alami berikut:

1. Makan nanas

BACA JUGA: Hilangkan Kerutan di wajah dan Mata Panda dengan Masker Kunyit

Menurut American Cancer Society, enzim bromelain yang terkandung di dalam nanas dapat memecahkan sejumlah protein yang ada di saluran cerna dan mengurangi keluhan perut kembung dan begah. Selain itu, jurnal yang dimuat di Biomedical Reports menyebutkan bahwa kandungan bromelain yang ada di dalam nanas juga memiliki efek anti peradangan dan antimikroba.

2. Minum teh peppermint

BACA JUGA: Cegah Perut Kembung dan Begah dengan 4 Hal Ini

Peppermint merupakan bahan yang populer digunakan untuk meredakan gangguan saluran cerna karena mengandung bahan aktif menthol dan menthone. Kandungan dari bahan-bahan tersebut memiliki efek antispasmodik (mengurangi kontraksi) dan meredakan keluhan tidak nyaman di saluran cerna.

Selain itu, peppermint juga bisa menstimulasi asam empedu untuk membantu proses pencernaan. Bahkan, penelitian dari Journal of Clinical Gastroenterology menyebutkan bahwa ekstrak peppermint lebih efektif mengatasi sindrom iritasi usus besar dibandingkan obat-obatan antispasmodik.

3. Masak dengan kunyit

Indonesia memiliki segudang tanaman rempah-rempah, yang tak hanya membuat lezat masakan tetapi juga dapat mengurangi gejala perut kembung. Studi yang dipublikasikan di World Journal of Gastroenterology mengatakan bahwa kunyit mengandung bahan aktif kurkumin yang dapat meredakan kembung dan begah.

Kurkumin merupakan antioksidan larut dalam lemak yang membuat kunyit berwarna kuning-jingga. Pada penelitian yang dilakukan terhadap 440 orang dengan gangguan saluran cerna, responden yang mengonsumsi ekstrak kunyit setiap hari terlihat mengalami perbaikan gejala nyeri perut, perut kembung, dan begah hingga 67 persen.

4. Konsumsi jahe

Selain menjadi penyedap bumbu masakan, jahe sudah sejak lama dikenal sebagai rempah yang bisa mengurangi gejala tidak nyaman di saluran cerna. Salah satunya perut kembung dan begah. Seperti dikutip dari buku “Integrative Medicine”, jahe dapat berperan sebagai antispasmodik dan meredakan gejala sindrom iritasi usus besar.

Tak hanya meredakan kembung dan begah, penelitian juga menyebutkan bahwa jahe bisa mengurangi gejala mual dan muntah pada wanita dengan hiperemesis gravidarum.

Beberapa bahan alami di atas bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk mengatasi perut kembung dan begah. Dengan terbebas dari kembung begah, aktivitas harian Anda pun bisa dijalankan dengan maksimal lagi.(RS/RH/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Manfaat Kunyit untuk Radang Tenggorokan


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler