Atasi Rambut Rontok dengan Mengonsumsi 6 Makanan Sehat Ini

Senin, 23 Mei 2022 – 05:21 WIB
Kacang Kenari (Walnut). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - WANITA mana yang tidak ingin memiliki rambut sehat, kuat dan berkilau.

Namun, beberapa hal bisa mengakibatkan Anda mengalami rambut rontok.

BACA JUGA: Atasi Masalah Rambut Rontok dengan 3 Bahan Alami Ini

Rambut rontok bisa diakibatkan karena beberapa hal. Misalnya, Anda terlalu sering mewarnai rambut, menggunakan catok rambut dan lainnya.

Beberapa makanan sehat ternyata bisa mengatasi rambut rontok Anda.

BACA JUGA: Atasi Stres dengan Mengonsumsi 5 Makanan Sehat Ini

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Stylecraze.

https://www.stylecraze.com/articles/that-help-prevent-hair-fall/?fbclid=IwAR1Amqh8ZbjLjSpW0TODgivXxI6Kl0wvPH0Lc5rHqvIvqfnD4Af07m-BVwc.

BACA JUGA: Atasi Sakit Perut dengan 4 Makanan Sehat Ini

1. Telur

Telur berukuran sedang (50 g) mengandung 6,3 g protein, berbagai vitamin, dan mineral yang memperkuat folikel rambut.

Bukti anekdotal menunjukkan bahwa telur bisa membuat rambut berkilau dan kuat, mencegah kerusakan rambut, dan mengurangi kerapuhan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam amino sulfur dalam protein adalah prekursor untuk sintesis protein rambut keratin yang memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan rambut dini.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa telur mengandung faktor kunci pertumbuhan rambut yang merangsang sel-sel papila dermal manusia (sekelompok sel yang mengontrol produksi rambut dan siklus pertumbuhan rambut) untuk perkembangan rambut baru.

2. Unggas

Daging unggas merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral yang sangat baik.

Ini adalah nutrisi penting untuk menutrisi rambut dan mencegah rambut rontok dan botak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dermatology Practical & Conceptual menyatakan bahwa kekurangan protein berdampak pada struktur rambut dan pertumbuhan rambut, yang mengakibatkan telogen effluvium (kerontokan rambut sementara).

3. Lentil

Lentil seperti kacang polong split, lentil merah, kacang polong, lentil kuning, buncis, dan kacang merah merupakan makanan sehat kaya akan asam folat, zat besi, fosfor, seng, magnesium, dan serat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kekurangan mineral dan seng mengakibatkan alopecia difus (distribusi umum kerontokan rambut di kulit kepala) di antara anak-anak.

Protein dalam lentil juga memainkan peran penting dalam perkembangan rambut yang sehat.

Kekurangan zat gizi, terutama kekurangan asam amino esensial dan zat gizi mikro bisa menyebabkan telogen effluvium, kebotakan pola pria, dan kebotakan pola wanita.

4. Ikan

Ikan kaya akan protein dan asam lemak omega-3 yang meningkatkan kesehatan rambut.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Science menunjukkan bahwa minyak ikan dari makarel merangsang sel-sel papila dermal dan mendorong pertumbuhan rambut dengan mengaktifkan jalur anagen (fase pertumbuhan siklus rambut).

Studi lain menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan yang kaya asam lemak omega-3 meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi penipisan rambut.

5. Kenari

Kenari dikenal sebagai "makanan rambut" karena mengandung nutrisi asam lemak omega-3 yang penting untuk rambut sehat dan indah.

Kenari juga kaya akan protein dan mineral makro yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Kenari juga mengandung seng, zat besi, selenium, dan vitamin B1, B6, dan B9, yang merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok.

Mereka juga mengandung biotin, vitamin E, protein, dan magnesium yang memperkuat rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Kekurangan vitamin dan mineral ini menyebabkan rambut rontok.

6. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung tembaga, besi, seng, dan protein yang berperan penting dalam kerontokan rambut, terutama alopecia areata dan telogen effluvium.

Ubi jalar juga kaya akan vitamin A yang berperan sebagai antioksidan untuk mengurangi efek merusak dari radikal bebas, penyebab utama kerontokan dan uban.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler