Atasi Sakit Perut dengan Mengonsumsi 7 Teh Herbal Ini

Jumat, 05 Januari 2024 – 02:02 WIB
Ilustrasi Teh Hijau. Foto: Yahoo Health

jpnn.com, JAKARTA - SAKIT perut bisa dialami oleh siapa saja, bahkan anak-anak. Sakit perut bisa terjadi karena berbagai hal.

Anda bisa mengalami sakit perut karena sedang haid, mengonsumsi makanan pedas, masuk angin, dan lainnya.

BACA JUGA: 8 Pilihan Pengobatan Alami untuk Sakit Perut

Sakit perut, kram, dan kebiasaan buang air besar yang tiba-tiba atau tidak teratur bisa menghambat hari Anda.

Bagi mereka yang ingin menghindari obat-obatan yang dijual bebas demi sesuatu yang lebih alami, beralih ke teh herbal untuk mengatasu sakit perut bisa menjadi solusi terbaik.

BACA JUGA: 7 Teh Herbal yang Bisa Membantu Mengatasi Beberapa Masalah Kesehatan

Teh herbal memiliki banyak khasiat penyembuhan, mulai dari melawan peradangan hingga memberikan sentuhan dingin dan menyembuhkan lapisan perut.

Beberapa bahkan memiliki sifat antispasmodik yang bisa mengurangi kram dan membuat Anda kembali merasa segar dan rileks.

BACA JUGA: Atasi Sakit Perut yang Menyebalkan dengan 5 Pengobatan Alami Ini

Teh herbal adalah yang terbaik untuk menyembuhkan sakit perut karena cenderung lembut serta bebas kafein dan tanin.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Myteadrop.com.

1. Teh Adas

Jaga sistem pencernaan Anda tetap bugar dengan teh herbal adas yang menenangkan.

Adas adalah teh herbal yang bagus untuk melancarkan aliran cairan lambung yang dibutuhkan untuk sistem pencernaan yang sehat dan mengurangi gangguan perut.

Teh ini juga memiliki sifat antispasmodik dan bisa membantu menyembuhkan segala hal mulai dari gastroenteritis hingga hernia.

2. Teh Jahe

Dikenal sebagai salah satu teh pereda perut terbaik, akar jahe bisa meredakan nyeri, kram, kembung, dan peradangan agar Anda tetap merasa bersih di dalam.

Teh jahe sangat baik untuk mengatasi mual dan sakit perut, oleh karena itu teh jahe sangat disukai oleh orang hamil untuk mengatasi mual di pagi hari, mereka yang sedang dalam pengobatan yang membuat mereka mual, dan siapa saja yang juga mengalami mabuk perjalanan.

Bahkan selain sindrom kepala dalam mangkuk, teh jahe juga telah dipelajari karena efeknya dalam meredakan IBS, mengurangi kembung dan gas, dan menggunakan sifat antiinflamasi untuk membuat Anda tetap teratur dan bergerak.

3. Teh Hijau

Minuman superfood ini kaya akan antioksidan dan membawa banyak manfaat bagi tubuh.

Teh hijau juga merupakan obat yang sangat nyata untuk mengatasi sakit perut.

Teh hijau kaya akan sifat antiinflamasi yang berarti menjaga sistem pencernaan Anda tetap lancar dan bebas pembengkakan. Ini juga berguna untuk mengobati bisul, gas, kembung, diare, dan gangguan pencernaan juga.

4. Teh Licorice

Meskipun rasanya tidak cocok untuk semua orang, rasa manis dari licorice sebenarnya bisa membantu menyembuhkan sakit perut Anda.

Licorice bisa membantu sistem pencernaan Anda karena kaya akan sifat antiinflamasi.

Teh licorice tidak hanya memberikan sentuhan menenangkan dengan cepat, tetapi juga membantu menyembuhkan perut Anda dalam jangka panjang karena membantu meremajakan dan menyembuhkan lapisan perut.

Bagi mereka yang sering menderita gangguan pencernaan, teh licorice membawa kabar baik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa dosis ganda teh licorice setiap hari membantu mengurangi dampak gangguan pencernaan.

5. Teh Tulsi

Tulsi juga dikenal dengan nama kemangi suci dan dianggap sebagai ramuan adaptogen.

Ini berarti tulsi sangat hebat dalam menyesuaikan sistem Anda dengan kebutuhan saat ini dan telah lama dikaitkan dengan teh untuk mengatasi kecemasan, stres, dan membantu penyembuhan tubuh.

Jika Anda cenderung menderita sakit perut sebagai bagian dari dampak stres, ramuan ini bisa membantu dan membuat Anda tetap tenang.

Penelitian menunjukkan bahwa teh ini bisa membantu mengurangi mag dan karenanya, bisa melindungi terhadap GERD, mual, mulas, dan nyeri pencernaan lainnya juga.

6. Teh Peppermint

Teh mint yang terbuat dari daun peppermint ini secara alami diberi wewangian dengan minyak peppermint yang dikenal bisa mengurangi sakit dan nyeri perut baik pada orang dewasa dan anak-anak.

Selain menunjukkan dan menghilangkan rasa sakit, peppermint juga bisa mengendurkan otot usus dan meningkatkan aliran empedu, sehingga mempercepat pencernaan dan mengurangi sakit perut.

7. Teh Chamomile

Teh chamomile penuh dengan flavonoid dan hal-hal menyenangkan lainnya yang berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Dengan sifat relaksan alaminya, membuat sistem pencernaan Anda menjadi lebih tenang dan mengurangi rasa tidak nyaman akibat gas, kembung, gangguan pencernaan, mual, dan diare.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler