Australia akan menyambut tahun 2019 dengan pesta kembang api di seluruh penjuru negeri, bahkan disebut-sebut akan lebih besar dari sebelumnya.

Sejumlah ibukota dari tiap-tiap negara bagian telah melakukan persiapan untuk menampilkan kembang api penuh dengan efek dan jenis kembang api yang belum pernah dilihat sebelumnya.

BACA JUGA: Beredar Video Perempuan Berikan Air Minum Pada Koala yang Kehausan

Anda pun bisa menyaksikan Pesta Kembang Api Sambut 2019 dari Sydney yang ditayangkan langsung ABC Indonesia lewat halaman Facebook.com/ABCIndonesia, mulai pada pukul 8:00 malam WIB. Sydney Photo: Lebih dari satu juta orang diperkirakan akan memadati pelabuhan Sydney untuk melihat pertunjukan kembang api. (Foto: City of Sydney)

BACA JUGA: Pengungsi Asal Nauru Memulai Hidup Baru Setelah Dimukimkan Di AS

Pesta kembang api di kota Sydney yang paling ditunggu-tunggu di jembatan Harbour Brigde akan menampilkan dua warna baru, yakni 'lime' dan 'peach' dengan teknologi baru yang bisa menggunakan warna-warna pastel.

Tema tahun ini adalah 'The Pulse of Sydney' sehingga akan menampilkan semburan kembang api secara perlahan dan irama berdetak.

BACA JUGA: Ratusan Warga Victoria Terjangkit Borok Yang Dipicu Bakteri Pemakan Daging

Kembang api untuk keluarga akan dimulai pukul 9 malam, diikuti dengan perayaan suku Aborigin.

Ribuan bus dan kereta tambahan akan beroperasi dari hari Senin hingga Selasa dini hari, tapi warga diminta untuk melakukan jadwal perjalanan lebih baik.Melbourne Photo: Di Melbourne, pesta kembang api akan dimulai pada pukul 9 malam untuk keluarga dan anak-anak. (ABC News)

Diperkirakan 350 ribu orang akan merayakan pergantian tahun baru di Melbourne, dengan kembang api yang akan tersebar dalam radius 7,5 kilometer dan disebut-sebut sebagai yang pertama di dunia.

14 ton kembang api dengan nilai mencapai $234 ribu, atau lebih dari Rp 2,3 miliar akan ditembakkan dari 22 gedung pada pergantian malam.

Pesta kembang api akan dimulai pukul 9 pagi hingga 1 dini hari dengan empat panggung utama di kawasan Docklands, Flagstaff Gardens, Treasury Gardens, serta Kings Domain.

Seluruh transportasi publik akan gratis mulai Senin sore pukul 6 hingga 6 pagi Tahun Baru. Canberra Photo: Suasana kembang api di kawasan Civic Square, Canberra. (Foto: Events ACT)

Malah tahun baru akan diramaikan dengan hiburan untuk keluarga, sejumlah penampilan musik dan seni, serta aneka ragam makanan sejak pukul 6 sore.

Lebih dari 12 4ibu kembang api akan menghiasi langit Civic Square pada pukul 9 malam dan pergantian malam.

Jalanan di pusat kota, termasuk London Circuit, antara Akuna Street dan Northbourne Avenue akan tutup mulai pukul 5:00 sore.

Sementara transportasi publik akan beroperasi sesuai dengan jadwal hari libur dengan layanan berakhir pukul 2 pagi.Hobart Photo: Kembang api di Hobart disebut-sebut akan menjadi yang terbesar yang pernah digelar di kota tersebut. (Foto: ShowFX)

Hobart akan menyaksikan pesta kembang api terbesar yang pernah digelar di kota tersebut, dengan jumlahnya yang mencapai ton.

Kembang api menyambut pergantian tahun akan berlangsung selama 10 menit dengan irama yang menyesuaikan lagu dari festival Taste of Tasmania yang juga sedang digelar di waktu bersamaan.

Sementara pesta kembang api yang lebih kecil untuk keluarga dengan anak-anak bisa dinikmati pada pukul 9:30 malam.

Pada malam pergantian tahun, transportasi publik akan mengikuti jadwal hari libur dengan tambahan layanan di jalur-jalur utama.

Sementara di Tahun Baru akan mengikuti jadwal hari Minggu.Brisbane and the Gold Coast Photo: Lebih dari 100 ribu orang akan meramaikan pesta kembang api di Brisbane (ABC News: Andrew Kos)

Lebih dari 10 ribu orang diperkirakan akan memenuhi pinggiran Brisbane River di pusat kota untuk melihat pesta kembang api.

Anak-anak dapat menikmatinya pada pukul 8:30 dan yang utama tentunya pada pergantian tahun.

Transportasi umum akan gratis di Brisbane dan Gold Coast mulai pukul 8 malam sampai 5:30 pagi, kecuali jika Anda gunakan layanan Airtrain, DRT atau layanan untuk jarak jauh lainnya.

Kereta, bus, dan ferry di Brisbane akan sesuai dengan jadwal pada hari-hari biasanya di malam tahun baru.

Di Gold Coast akan ada pesta kembang api besar pada pukul 8 malam dan pada pergantian tahun.Adelaide Photo: Pemerintah kota Adelaide telah meningkatkan anggaran untuk pesta kembang api pergantian tahun ini. (Foto: Dino Proctor)

Pesta kembang api yang akan dimulai pukul 9 malam dan pada pergantian tahun di Elder Park, pusat kota diperkirakan akan dihadiri 30.000 orang.

Kerumunan yang lebih banyak hingga 50 ribu orang akan menyaksikannya di pinggiran perairan Brighton dan Glenelg pada pukul 9:30 malam.

Bis gratis akan disediakan di kawasan Glenelg, yang akan berangkat setiap 20 menit mulai pukul 5 sore hingga pukul 1 pagi antara Harbour Town and Wigley Reserve.

Transportasi publik akan gratis dari pukul 5 sore di hari Senin hingga antara pukul 6 - 8 pagi di hari Tahun Baru.Darwin

Kawasan Australia Utara sedang menunggu musim hujan, yang diperkirakan Biro Meteorologi Australia akan dimulai di hari pertama Januari 2019.

Tapi pada Senin malam, mereka yang tak keberatan kehujanan bisa pergi ke pinggir pantai untuk menyaksikan pertunjukan kembang api pada pukul 21:00 dan tengah malam. Photo: Kondisi di Kawasan Australia Utara akan didominasi oleh hujan (Foto: Shaun Andre)

Di sore hari akan ada hiburan untuk anak-anak, sementara pesta utama akan diramaikan oleh penampilan Justice Crew dan Australian Ultimate Kylie Minogue Tribute show.

Akan ada bus gratis di Darwin pada malam tahun baru mulai pukul 7 malam.

Sementara bus terakhir adalah pukul 6:30 pagi di hari Tahun Baru.Perth Photo: Di kota Perth, seperti di kebanyakan kota-kota besar di Australia, transportasi publik akan gratis pada malam tahun baru. (ABC News: Tom Wildie)

Pesta kembang api akan dimulai di Northbridge mulai pukul 9 malam dengan pagelaran singkat dan penampilan kedua pada pergantian tahun.

Kota Perth juga telah mengatur transportasi publik yang gratis dan lebih sering sebelum pergantian malam, yang menjadi pertama kalinya sejak tahun 2004.

Warga bisa menggunakan transportasi publik yang gratis setelah tengah malam hingga pukul 6 pagi.

Transperth rencananya akan dilengkapi 113 kereta tambahan, 117 bus, dan layanan ferry yang akan beroperasi setelah tengah malam.

Artikel ini dirangkum dari laporan aslinya dalam bahasa Inggris yang bisa Anda baca disini.

Ikuti berita-berita lainnya dari ABC Indonesia.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Australia Cabut Kewarganegaraan Anggota ISIS Neil Prakash

Berita Terkait