Awas! Inilah Wilayah Transmisi Lokal Virus Corona di Indonesia

Senin, 06 April 2020 – 10:25 WIB
Ilustrasi Covid-19. Foto: diambil dari pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan merilis sejumlah wilayah transmisi lokal penyebaran virus corona di Indonesia.

Transmisi lokal berarti penyebaran virus penyebab COVID-19 itu tidak lagi dari masyarakat luar ke kota/kabupaten tersebut, tetapi sudah dari masyarakat ke masyarakat lokal.

BACA JUGA: Dari 2.747 Orang, 126 Terinfeksi Virus Corona

Oleh karena itu, masyarakat di wilayah ini diimbau untuk tetap berada di rumah.

Dalam laman Kemenkes, infeksiemerging.kemkes.go.id, dituliskan wilayah tersebut ialah Sumatera Selatan (Kota Prabumulih), DKI Jakarta, Jawa Barat (Kabupaten Bogor, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Depok).

BACA JUGA: Nikmati Isolasi Pandemi Corona, Model Cantik Senang Tak Bercelana

Kemudian Jawa Tengah (Kota Surakarta, Kota Semarang), Jawa Timur (Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Magetan, Kota Surabaya).

Selanjutnya, Banten (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan), Kalimantan Barat (Kota Pontianak), Kalimantan Selatan (Kota Banjarmasin), Kalimantan Timur (Kota Balikpapan), Sulawesi Selatan (Kota Makassar) dan Sulawesi Tenggara (Kota Kendari).

BACA JUGA: Ibu Hamil PDP COVID-19 yang Meninggal Ternyata Pernah Kontak Erat dengan 45 Orang

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, dr. Rahminingrum, menyarankan kepada masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati terhadap kemungkinan tertularnya COVID-19 yang terjadi dari orang ke orang.

"Di rumah saja dan sebisa mungkin menghindari kontak manusia dengan manusia," katanya saat dikonfirmasi Antara, Senin (6/4).

Rahminingrum menegaskan, jika tidak ada keperluan untuk keluar rumah yang sifatnya mendesak, diharapkan agar masyarakat tetap di rumah.

Namun, jika sifatnya mendesak dan tidak bisa ditunda maka masyarakat perlu melindungi diri saat berada di luar rumah.

"Yang jelas pada saat di luar rumah menggunakan masker, kalau bisa ke mana-mana membawa pembersih tangan antiseptik hand sanitizer dan kalau terpaksa harus ketemu orang, harus jaga jarak," kata Rahminingrum.

Ia juga meminta kepada masyarakat agar mematuhi imbauan pemerintah yakni tetap berada di rumah, jaga jarak fisik agar laju penyebaran COVID-19 dapat diputuskan dan tidak ada lagi korban selanjutnya.

"Biarkan Satuan Tugas (Satgas) dan petugas kesehatan yang bekerja," ungkapnya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler