Ayo Bedah Jakarta Utara Lewat Lomba Penulisan, Fotografi, dan Video Kreatif

Senin, 02 Januari 2023 – 19:23 WIB
Komunitas Jurnalis Kreatif bekerja sama dengan Pemerintah Kota Jakarta Utara menggelar lomba penulisan jurnalistik, fotografi, dan video kreatif dengan mengangkat tema besar “Potensi dan Tantangan Jakarta Utara di Tahun 2023”. Foto: Dokpri for JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Komunitas Jurnalis Kreatif bekerja sama dengan Pemerintah Kota Jakarta Utara menggelar lomba penulisan jurnalistik, fotografi, dan video kreatif dengan mengangkat tema besar “Potensi dan Tantangan Jakarta Utara di Tahun 2023”.

Lomba dengan hadiah total lebih dari Rp 80 juta ini terbagi atas tiga kategori dengan peserta dikhususkan untuk jurnalis dan pelajar/mahasiswa.

BACA JUGA: Bergerak ke Jakarta Utara, KPK Temukan Bukti Suap Pamen Polri

Untuk kategori penulisan jurnalistik, peserta yang boleh mengirimkan karya untuk dilombakan ialah mereka yang berprofesi sebagai jurnalis dengan media tempat bekerja telah terverifikasi Dewan Pers. 

Kategori fotografi, Jurnalis Kreatif mengkhususkan peserta hanya yang saat ini berstatus pelajar atau mahasiswa dengan domisili di wilayah Jabodetabek.

BACA JUGA: Pimpinan KPK Ini Sebut Kasus Formula E Masih Berjalan, Tetapi Ada Rintangan, Apa Itu?

Khusus untuk video kreatif, panitia mempersilakan jurnalis TV atau mereka yang berstatus pelajar atau mahasiswa mengirimkan karya yang dihasilkan untuk dilombakan.

Ketua Pelaksana Lomba Penulisan Jurnalistik, Fotografi, dan Video Kreatif M Bachtiar mengemukakan kegiatan ini dilatarbelakangi bagaimana Jakarta Utara sepanjang 2022 menjadi sorotan atas perhelatan Formula E dan telah dibukanya Jakarta Internasional Stadion (JIS) pada 2022.

BACA JUGA: Ahmad Dhani Pastikan Konser Dewa 19 di JIS Bakal Aman

Tak hanya menjadi lokasi dua ikon dengan level nasional itu, Jakarta Utara di satu sisi juga memperlihatkan banyaknya pembenahan yang dilakukan Pemkot Jakut dan stakeholder terkait untuk mereduksi dan mengatasi persoalan mendasar, seperti banjir, sekaligus berupaya menggelorakan budaya hidup sehat melalui berbagai program.

“Menarik untuk dicermati bila sebelumnya Jakarta Utara kerap dilanda banjir namun di 2022, pemberitaan mengenai banjir di wilayah pesisir Jakarta ini menjadi minim, bahkan ketika wilayah lain yang banyak memberitakan banjir,” kata Bachtiar melalui keterangan tertulisnya, Senin (2/1).

Dia menambahkan Pemkot Jakarta Utara juga gencar melakukan berbagai program, seperti berhenti buang air besar sembarangan (BABS) dan pengolahan sampah untuk menciptakan hidup sehat dan nyaman.

“Pemkot Jakut juga terus melakukan berbagai upaya untuk menjadikan wilayah administrasinya sebagai Kota Layak Anak dengan predikat utama,” jelas Bachtiar.

Dia berharap kegiatan ini dapat membedah Jakarta Utara, sehingga berbagai potensinya dapat dimaksimalkan, dan kendala yang dihadapi mampu diminimalkan.

“Lomba ini juga tentunya sekaligus dapat memperlihatkan berbagai upaya atau kinerja jajaran Pemkot Jakut dalam membenahi wilayahnya,” sambung mantan jurnalis Sinar Harapan ini.

Selain mengumumkan nominasi pemenang, Jurnalis Kreatif pada 4 Maret 2023 turut menggelar diskusi bertajuk Potensi dan Tantangan Jakarta Utara di Tahun 2023” dengan menghadirkan berbagai narasumber berkompeten, seperti Pemerintah Kota Jakarta Utara, legislator dan akademisi.

Terpisah, Wali Kota Jakarta Utara Dr. Ali Maulana Hakim, S.IP, M.Si optimistis kegiatan ini dapat memberi gambaran perihal potensi Jakut, sekaligus upaya pemerintah dalam pembangunan dari sudut pandang masyarakat. Dalam hal ini, pelajar dan mahasiswa serta jurnalis.

“Kami Berharap pelajar/mahasiswa dan para jurnalis memberikan gambaran dari berbagai macam sudut pandang berbeda mengenai kondisi Jakarta Utara saat ini. Kegiatan ini juga tentunya sekaliguis dapat makin memperkenalkan berbagai potensi kami seperti berbagai destinasi wisata, ragam kuliner hingga budaya yang tetap terjaga,” katanya.

Calon peserta lomba dapat mendaftar dengan cara mengisi formulir dan mengirimkan karya dilombakan melalui formulir disediakan panitia. Adapun perihal syarat dan ketentuan secara lengkap dapat dilihat melalui akun @jurnaliskreatif di Instagram. (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler