Ayo Menangkan Indonesia di #WHTA2016

Senin, 07 November 2016 – 12:21 WIB

jpnn.com - JAKARTA – Langkah Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang getol menggalang dukungan demi pentas World Halal Tourism Award 2016 (#WHTA2016). Sebab, Indonesia bisa menembus 12 nominasi penghargaan.

Kemenpar memang mendorong semua pihak termasuk netizen di daerah bergerak memberi dukungan secara online di ajang WHTA 2016.  Hasilnya, dari 24 Oktober sampai 6 November 2016, Indonesia berhasil memasuki 12 nominasi dan masuk ke dalam 5 besar.

BACA JUGA: Perusahaan Internasional Bisa Ikut Tender Wilayah Kerja Panas Bumi

Selanjutnya, negara-negara yang masuk 5 besar itu akan berebut suara lagi. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun mengajak netizen tanah air mendukung penuh Indonesia di ajang WHTA 2016 dengan memberikan suara mereka melalui laman bit.ly/VOTEIndonesia mulai 7-24 November 2016.

“Tidak ada pilihan lain, kecuali harus sapu bersih tanpa sisa ke-12 nomor itu! Yuk vote lagi, beri suara buat #MenangkanIndonesia. Ingat, kemenangan itu direncanakan!” kata Arief mengutip statemen Sun Tzu, seorang ahli militer dan jenderal besar di Kerajaan Wu dengan karyanya legendaris berjudul Sun Zi Bing Fa atau Seni Perang Sun Tzu.

BACA JUGA: BPR Belum Bisa Terapkan Bunga Single Digit

Arief pun mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung Indonesia dengan menyumbangkan dukungan secara online. Mantan dirut PT Telkom itu juga berterima kasih kepada seluruh aktivis dan relawan yang berjuang keras menggerakkan masyarakat secara online melalui media sosial maupun secara langsung memberi vote.

“Perjuangan belum selesai. Kita sudah sukses menempatkan posisi lima besar dunia. Kini gilirannya, to be number one! Tinggal sejengkal lagi,” harapnya.

BACA JUGA: Pariwisata Outdoor dan Indoor di Jakarta Semakin Solid

Karena itu, Menpar mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk membantu memenangkan Indonesia di pentas WHTA 2016 ini. Waktu dua minggu itu sangat pendek.

Lagi-lagi dia mengutip kata-kata Sun Tzu. Yakni pejuang yang hebat sudah menang duluan sebelum pergi berperang. Pejuang yang gagal adalah yang pergi berperang dulu, lalu mencari kemenangan di sana. “Kerahkan semua resources dan kekuatan yang ada!” tuturnya.

Apalagi jika melihat peta kekuatan finalis, tahun ini sepertinya Malaysia bakal lebih all out, lebih ngotot, lebih serius, lebih massif, lebih agresif dibanding tahun 2015 lalu. Pasti, Malaysia juga merencanakan menang. “Karena itulah kita harus lebih serius menghadapi lawan di regional yang sama!” kata dia.

Konon, Malaysia mengikuti 11 kategori dengan posisi hasil voting sementara putaran pertama menempatkan 4 kategori 5 besar. Di antaranya, World's Best Family Friendly Hotel, Westin Kuala Lumpur dengan terpaut jumlah voters yang signifikan dengan peringkat kedua dari Indonesia, The Rhadana Kuta, Bali. Selisihnya masih ribuan point.

Kedua, kategori World's Best Halal Honeymoon Destination. Malaysia juga unggul jauh dari wakil Indonesia yaitu Sembalun Valley Region, West Nusa Tenggara, yang terdampar di peringkat 3.

Ketiga, kategori World's Best Halal Destination, Malaysia juga mengalahkan Indonesia yang menjagokan Sumatera Barat dengan selisih 2 ribu lebih.

Keempat, untuk World's Best Halal Culinary Destination, Malaysia lagi-lagi lebih unggul di atas seribu suara dibanding Sumatera Barat yang bertengger di peringkat ke-3. Khusus 4 nomor itu, kata Menpar Arief Yahya, harus digempur habis dengan bergerak bersama-sama di semua lini.

Dia menginstruksikan Ketua Tim Pemenangan #WHTA2016 Don Kardono bersama wakil ketuanya, Vita Datau, serta anggota tim yang terdiri dari para rektor dan pimpinan akademi pariwisata serta politeknik pariwisata yang berada di bawah kendali Kemenpar dan T. Rahmadi. “Laporkan perkembangan demi perkembangan!” tegas Arief Yahya.

Ketua Tim Percepatan Wisata Halal Kemenpar, Riyanto Sofyan juga menganalisis dari monitoring data, bahwa Malaysia bergerak sangat agresif. Menurut dia, kampanye voting WHTA 2016 putaran ke-dua, 7–24 November 2016 ini, harus lebih fokus untuk menang.

Caranya adalah dengan memviralkan petunjuk dan teknis voting kepada para voters. Langkahnya dengan meng-entry data (nama, e-mail, sektor industri) saat melakukan voting nominator, diakhiri dengan meng-klik “SUBMIT”.

“Viral itu dapat dilakukan dengan menggunakan semua tools media dan social media berupa infografis dan video,” kata Riyanto Sofyan.

Lalu, kampanye melalui iklan TV/TVC dan media cetak/online. Dan itu semua harus dilakukan secara simultan.

Memang, problem terbesarnya adalah tidakadanya slot lagi di TV-TV swasta nasional yang bisa men-support program itu secara sukarela. “Mungkin kompensasinya perlu gathering dan media gathering untuk menggalang dukungan pemenangan WHTA 2016,” kata Riyanto.

Lebih lanjut Riyanto juga mengusulkan ada endorser seperti public figure dan personal yang memiliki komunitas atau follower banyak di media sosial. Mereka perlu membantu untuk gerakan aktivasi event dan kampanye offline ke komunitas secara massal.

“Perlu juga menggerakkan jaringan pemerintah pusat, daerah dan BUMN. Mengoptimalkan lagi jaringan Diaspora Indonesia di berbagai negara,” ungkapnya.

Jadi, mari ikuti voting putaran kedua untuk menentukan pemenang mulai 7-24 November. Cara voting-nya adalah menunjungi laman WHTA 2016 di bit.ly/VOTEIndonesia. Netizen bisa mengisi biodata di form (nama, email, bisang industri) dan kemudian klik LIST nominator di masing-masing kategori.

Selanjutnya, pilih nominator dari Indonesia di masing-masing kategori berikut ini:

  1. World’s Best Airline for Halal Travellers, Garuda Indonesia
  2. World’s Best Airport for Halal Travellers, Sultan Islandar Muda International Airport, Aceh Indonesia
  3. World’s Best Family Friendly Hotel, The Rhadana Hotel, Kuta, Bali, Indonesia
  4. World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel, Trans Luxury Hotel Bandung Indonesia
  5. World’s Best Halal Beach Resort, Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok, West Nusa Tenggara Indonesia
  6. World’s Best Halal Tour Operator, Ero Tour, West Sumatera Indonesia
  7. World’s Best Halal Tourism Website, www.wonderfullomboksumbawa.com, Indonesia
  8. World’s Best Halal Honeymoon Destination, Sembalun Village Region, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  9. World’s Best Hajj & Umrah Operator, ESQ Tours & Travel, Jakarta, Indonesia
  10.  World’s Best Halal Destination, West Sumatera, Indonesia
  11. World’s Best Halal Culinary Destination, West Sumatera,  Indonesia
  12. World’s Best Halal Cultural Destination, Aceh Indonesia

Setelah selesai semua, klik SUBMIT. Dan bila voting sudah lengkap terkirim akan mendapatkan notifikasi dari web respon langsung dan email. Ayooo #MenangkanIndonesia #JuaraWHTA2016 Waktu yang semakin pendek! (adv/jpnn)
 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aisyah: Hari Ini Naik, Besok Bisa Turun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler