Ayo Pengusaha Kreatif, Ada Sayembara Berhadiah Rp 1 Miliar

Senin, 25 Juli 2016 – 14:53 WIB
Kusumo Martanto. Foto: Gilang/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Blibli.com‎ bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meluncurkan The Big Start Indonesia. Itu merupakan web series kompetisi pertama yang fokus pada pencarian pengusaha kreatif lokal dengan produk terbaik.

"Kami tuju pengusaha muda Indonesia yang punya mental bagaimana menyiasati buat produk yang bagus," kata CEO Blibli.com Kusumo Martanto saat peluncuran The Big Start Indonesia di kawasan Thamrin, Jakarta, Senin (25/7).

BACA JUGA: Kenali Produk Asuransi Terbaru Sinarmas

Lewat The Big Start Indonesia, sambung Kusumo, Blibli.com ingin mengajak dan mendorong produsen lokal di Indonesia supaya bisa berkembang. Pasalnya, perkembangan pengusaha kreatif lokal bakal berpengaruh terhadap ekonomi negara.

"‎Enterpreneur mau berkembang, maka ekonomi negara akan bagus," ucap Kusumo. Selama ini, Blibli.com selalu berkomitmen untuk memberdayakan pengusaha kreatif lokal untuk terus maju dan berkembang.

BACA JUGA: 3 Keuntungan Bila Jokowi Bentuk Badan HAKI

Salah satunya dengan menyediakan satu kategori khusus untuk produk lokal yang diberi nama Galeri Indonesia. "Kami selalu mencoba menciptakan balance tidak hanya produk impor, tapi kami juga ingin mempromosikan ‎produk lokal," tutur Kusumo.

Kusumo menyatakan, ada batasan usia bagi pengusaha lokal yang ingin mengikuti The Big Start Indonesia. "Kami coba pengusaha muda batasan sampai umur 45 tahun," ujarnya.

BACA JUGA: Indonesia Timur Butuh Pelabuhan Ekspor Impor

Di tempat yang sama, Kepala BEKRAF Triawan Munaf mengapresiasi adanya The Big Start Indonesia. Pasalnya, pengusaha kreatif lokal bisa mendapatkan kesempatan untuk berkembang melalui web series kompetisi itu.

"Melalui web series ini mereka (pengusaha kreatif lokal) diangkat," ‎ungkap Triawan.

Pendaftaran The Big Start Indonesia dibuka sejak awal Juni hingga 10 Agustus 2016. Pada masa pendaftaran, para pengusaha kreatif diwajibkan untuk mendaftarkan produk dan mengisi data diri mereka di microsite https://thebigstart.blibli.com/.

Dari peserta yang masuk, akan dipilih 100 orang finalis. Lalu akan dikerucutkan kembali hingga 20 orang finalis. Setelah itu, sebanyak 20 finalis akan mengikuti masa karantina yang akan direkam dan ditayangkan di YouTube The Big Start Indonesia pada September-Oktober 2016 setiap Selasa dan Kamis.

Dalam kompetisi ini, para pengusaha kreatif yang mendaftarkan produknya berkesempatan untuk memenangkan total modal usaha sebesar Rp 1 miliar serta didaftarkan mereknya untuk mendapat sertifikat Hak Kekayaan Intelektual. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Incar Pertumbuhan 20 Persen, Panasonic Orientasi Pasar Lokal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler