BA Segera Akuisisi Tambang di Kalimantan

Senin, 28 Juli 2008 – 11:56 WIB
MUARA ENIM - Peruasahaan tambang batubara PTBukit Asam terus melakukan ekspansi

BACA JUGA: BNI Salurkan Kredit Kemitraan Rp105 M

Dalam waktu dekat, perusahaan tambang yang terletak di Muara Enim Sumsel ini akan mengakuisisi salah satu perusahaan tambang di Kalimantan.
"Saya belum mau menyebutkan nama perusahaannya
Tunggu saja sampai selesai sign kontrak nanti," terang Direktur Utama PT

BACA JUGA: Bank Asing Tertarik Proyek 10 Ribu MW

BA, Sukrisno dislea-sela kunjungan Wakil Presiden RI, HM
Jusuf Kalla di PT

BACA JUGA: Terbit, Aturan Lindungi Penumpang Telantar

BA Muara Enim, Senin, 28 Juli.
Sukrisno menargetkan, proses sign kontrak akan dilaksanakan sebelum akhir tahun"Semua sudah dealPembicaraan harga dan lain-lainnya sudah tidak ada masalah lagi," tambahnya.
Akuisisi PTBA terhadap tambang tersebut tidak seratus persenKendati demikianPTBA tetap akan menjadi pemegang saham mayoritasPerusahaan tambang yang diakuisisi PTBA tidak masuk dalam 5 besar produsen batubara nasional.
Sukrisno menjelaskan, proses akuisisi tidak digembargemborkan mengingat kuatnya persaingan saat ini.    "Yang jelas, perhitungannya, akuisisi ini dilakukan agar PTBA juga bisa eksis di KalimantanJika sudah eksis, dijamin peminat akan datangSejalan dengan niat PTBA untuk meningkatkan kapasistas produksi jadi 50 juta ton," tandasnya.
Kendati produksi tambang batubara PTBukit Asam berada di peringkat keenam produsen batubara nasional, cadangan batubara perusahaan plat merah ini yang terbanyak di Indonesia.
Total cadangannya mencapai 7,5 miliar tonTersebar di daerah Tanjung Enim Sumatera Selatan, Ombilin Sumatera Barat, dan Cerenti Riau"Jumlah ini terbesar d i Indonesia," terang Sekertaris Perusahaan PTBA Eko Budhi Wijayanto.
Cadangan terbesar ada di Muara EnimJumlahnya 6,1 miliar tonSelebihnya berada di Sumbar.
Manajemen PTBA berharap, dalam jangka waktu empat hingga lima tahun ke depan, total produksi saat ini yang mencapai 10 juta ton pertahun, bisa meningkat lima kali lipat menjadi 50 juta ton"Itu ditargetkan 2013 mendatang," tambah Eko.
PTBA memiliki tiga tambang dengan total luas 1500 hektareYang terbesar adalah Airlaya dengan kapasitas produksi 4 juta ton pertahunDua tambang lainnya (Non Airlaya) adalah Muara Tiga Besar dan Banko BaratMasing-masing dengan kapasitas produksi 3 juta ton pertahun. (ysd)

BACA ARTIKEL LAINNYA... UU Pelayaran Batasi Investasi Asing


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler