Babak 16 Besar Divisi Utama, Grup J Paling Panas

Senin, 25 Agustus 2014 – 08:00 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Kompetisi Divisi Utama 2014 sudah menyelesaikan babak penyisihan grupnya pada akhir pekan lalu (23/8). Klub-klub yang menjadi juara dan runners up di tiap grupnya pun sudah harus bersiap kembali menjalani babak 16 Besar. Fase tersebut bakal mulai bergulir pada 2 September mendatang.

Dari delapan grup Divisi Utama, terpilihlah 16 klub yang bersaing memperebutkan jatah berlaga di babak Delapan Besar, akhir September mendatang. Terbagi dalam empat grup, potensi persaingan ketat sudah bisa diprediksi tersaji di Grup J yang diisi Pro Duta FC, PSIS Semarang, PSCS Cilacap, dan Persikabo Kabupaten Bogor.

BACA JUGA: Milan-Juve Buru 4 Striker yang Sama

Sebagai klub yang punya pengalaman lolos ke babak empat besar Divisi Utama beberapa musim terakhir, Persikabo mengusung beban berat. Misi besar mengakhiri mimpi lolos ke Indonesia Super League (ISL) harus berlawanan dengan kondisi finansialnya yang sempat goyah dalam beberapa laga terakhir penyisihan grup Divisi Utama tahun ini.

Makanya, untuk tahun ini, dengan melihat komposisi calon lawannya di babak 16 Besar ini, tim berjuluk Laskar Padjadjaran itu tidak mau terlalu berkoar bisa melenggang ke babak Delapan Besar.

BACA JUGA: Bisa Kembali Terluka

"Sebaliknya, kami berada di sini dengan status sebagai underdog," ujar asisten pelatih Persikabo, Abdush Sobur kepada Jawa Pos, kemarin (24/8).

Menurutnya, perjuangan anak asuhnya untuk mencuri angka dari ketiga calon lawannya tidak akan mudah. Sobur mengingatkan bagaimana musim lalu Persikabo selalu kesulitan meredam PSCS pada babak penyisihan grup. Potensi itulah yang kemungkinan besar terulang lagi pada musim ini.

BACA JUGA: Wenger Dua Kali Tolak Balotelli

Bukan hanya PSCS, PSIS dan Pro Duta diakui Sobur punya mental lebih besar. Apalagi, klub yang disebut terakhir hanya sekali tumbang saat babak penyisihan grup lalu. "Makanya, sejak mengakhiri pertandingan di grup lalu, saya sudah tekankan kepada pemain bahwa fokus kami harus sudah di tanggal 2 September nanti. Itu kuncinya," cetusnya.

PSIS menjadi lawan perdana Persikabo di Stadion Persikabo, Kabupaten Bogor pada tanggal 2 September itu. Sebagai klub yang punya tradisi lama di persepakbolaan Indonesia, PSIS pun tidak mau bersaing hanya sampai di babak 16 Besar ini saja. Sebaliknya, Mahesa Jenar " julukan PSIS " mengusung target lolos ISL.

Manajer PSIS Wahyu "Liluk" Winarto mengakui bahwa kekuatan ketiga calon lawannya sama-sama beratnya. Kalau boleh memilih siapa sasaran empuk untuk meraih tiga poin, PSIS tidak akan bisa memilih. "Kami pun mengakui performa kami selama babak grup kemarin belum bisa 100 persen. Itu yang akan kami jadikan bahan evaluasi sebelum menjalani babak 16 Besar," sebutnya.

Babak 16 Besar sendiri bakal berlangsung dengan kompetisi penuh dan berformat home and away. Untuk putaran pertama, PT Liga Indonesia (PT LI) selaku operator yang menaungi Divisi Utama sudah menentukan jadwalnya pada tanggal 2, 6, dan 10 September. Lalu, untuk putaran kedua bergulir mulai 16, 20 dan 24 September.

Manajer Administrasi Kompetisi PT LI, Darwis Satmoko menyebut jadwal yang sudah diberikan kepada klub tersebut tidak akan ada perubahan. "Kami sudah menyampaikannya kepada klub sejak Juli lalu, dan saya rasa klub sudah tahu semua. Dengan seperti itu, kecil kemungkinannya ada perubahan," tegasnya. (ren)

Pembagian Grup Babak 16 Besar Divisi Utama

Grup J
1. Pro Duta FC (Juara Grup 1)
2. PSCS Cilacap (Juara Grup 3)
3. Persikabo Bogor (Runners up Grup 2)
4. PSIS Semarang (Runners up Grup 4)

Grup K
1. PS Bangka (Juara Grup 2)
2. Persis Solo (Juara Grup 4)
3. PSPS Pekanbaru (Runners up Grup 1)
4. PSGC Ciamis (Runners up Grup 3)

Grup L
1. PSS Sleman (Juara Grup 5)
2. Persewangi Banyuwangi (Juara Grup 7)
3. Martapura FC  (Runners up Grup 6)
4. Persewon Wondama  (Runners up Grup 8)

Grup M
1. Borneo FC  (Juara Grup 6)
2. Persiwa Wamena  (Juara Grup 8)
3. Persinga Ngawi (Runners up Grup 5)
4. Persebo Bondowoso  (Runners up Grup 7)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bendol Ogah Pikir Laga Lain


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler