Bahas Langkah Kerja Lapangan Pembangunan IKN Nusantara, KLHK Gelar Diskusi

Jumat, 18 Maret 2022 – 04:29 WIB
Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri di kawasan IKN Nusantara, Kaltim. Ilustrasi Foto: Humas Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan menyelenggarakan agenda kunjungan, diskusi langkah-langkah operasional penerapan forest city di IKN Nusantara, dan workshop Forest and Other Land Use (FoLU) NET SINK 2030.

Rencananya, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dirancang sebagai kota aman, modern, berkelanjutan, dan memiliki ketahanan sehingga bisa menjadi kota berkelas dunia.

BACA JUGA: Brigadir SM Peras Pengusaha, Mintanya Sebegini, Alamak

Dengan konsep ini, pembangunan dan penyelenggaraan IKN diharapkan bisa menjadi acuan bagi pembangnan dan pengelolaan kota di Indonesia dan dunia.

KLHK menilai berbagai arahan dalam dokumen perencanaan terpadu IKN Nusantara harus diterjemahkan secara operasional.

BACA JUGA: Erick Thohir Ungkap Isi Pembicaraan Saat Berkemah Bareng Jokowi di Titik Nol IKN

Hal itu bisa dilakukan dalam bentuk langkah-langkah kerja lapangan yang terstruktur, terencana, terintegrasi, dan terdokumentasi dengan baik di lapangan.

"Salah satu langkah kerja yang penting dan menjadi fondasi bagi keberlanjutan Ibu Kota Nusantara ialah langkah-langkah kerja lapangan lingkungan hidup dan kehutanan yang dapat membangun dan memperkuat infrastruktur ekologi Ibu Kota Nusantara," tulis KLHK dalam keterangannya, dikutip pada Kamis (17/3).

BACA JUGA: Brigadir AY Langsung Dipecat, Tak Ada Ampun, Lihat yang Dibawa Kombes Gidion

Langkah-langkah kerja lingkungan hidup dan kehutanan ini dinilai harus bisa membangun dan memperkuat dimensi ekologi (biosphere), sosial, dan ekonomi IKN Nusantara serta wilayah di sekitarnya.

Untuk itu, KLHK berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk para pakar dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi untuk melakukan langkah-langkah kerja yang bisa membangun dan membangun infrastruktur ekologi IKN Nusantara.

Langkah-langkah kerja tersebut dilakukan melalui program penyediaan lahan IKN dari kawasan hutan, rehabilitasi hutan dan lahan, pembangunan persemaian skala besar, dan pemulihan ekosistem hutan endemik alami.

Selain itu, dilakukan pula kegiatan pengembangan koridor satwa dan pemulihan ekosistem, pemulihan lingkungan eks lubang tambang, serta pengawasan kawasan IKN dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Di samping IKN, KLHK juga memiliki komitmen menahan laju peningkatan suhu global dan perubahan iklim dituangkan dalam dokumen Nationally Determined Contribution (NDC)," ungkap pernyataan KLHK.

Sebagai tindak lanjut dari komitmen NDC ini, Indonesia telah menyusun rencana operasional Indonesia’s FoLU Net Sink 2030.

Rencana Operasional (RENOPS) merupakan rencana kegiatan yang terdiri dari 11 rencana aksi kegiatan untuk mencapai target penurunan emisi GRK sesuai komitmen NDC dan menuju Net Sink di 2030 pada sektor kehutanan dan penggunaan lahan.

Perlu diketahui, agenda ini diselenggarakan langsung di Balikpapan dan IKN Nusantara, Kalimantan Timur pada 21 hingga 24 Maret 2022. (mcr9/jpnn)


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler