Berkenaan dengan Pekan Sains Nasional di Australia, ABC Australia Plus menurunkan beberapa istilah dalam bahasa Inggris berkenaan dengan sains seperti gravity, inertia atau litmus test yang berbeda arti dan penggunaannya dalam dunia teknik dan kehidupan sehari-hari. Gravitas: situasi seriusFlickr CC: Laurensea

Beberapa istilah sains akan memiliki arti beda bila digunakan di dalam dan diluar laboratorium

BACA JUGA: Peristiwa Black Armada Bukti Dukungan Warga Australia di Awal Kemerdekaan RI

Anda mungkin pernah mendengar seseorang membicarakan gravity (gravitas) mengenai suatu kedaaan. Mereka tidak berbicara mengenai kekuatan yang membuat sebuah apel jatuh ke tanah, namun merujuk kepada keseriusan sebuah situasi.

She ignored the gravity of her situation and would not see a doctor. (Dia meremehkan kondisinya yang serius, dan tidak mau ke dokter)

BACA JUGA: Panda Fu Ni Rayakan HUT ke-9 di Kebun Binatang Adelaide

The judge said the gravity of the crimes warranted a very long sentence.(Hakim mengatakan seriusnya tidak kejahatan yang dilakukan sehingga perlu hukuman yang lama).

Kata 'gravity' memang bermakna serius karena berasal dari kata Perancis 'grave" dan juga 'gravitas" yang bermakna otoritas. Kata ini kemudian dipopulerkan setelah Isaac Newton menggambarkan jatuhnya apel yang dikenal dengan nama  the law of universal gravitation.

BACA JUGA: 400 Ekor Sapi di NT Dimusnahkan karena Tercemar Timbal

  InertiaFlickr CC: Petteri Sulonen

Bila anda tidak mau lagi membaca lebih lanjut, anda mungkin mengalami apa yang disebut  inertia.

Dalam sains, inertia merujuk kepada sebuah objek yang terus melakukan gerakan yang sama, kecuali apa tindakan lain yang mengubahnya. Dalam kehidupan sehari-hari, ini kemudian diartikan sebagai kemalasan atau kurangnya motivasi.

He could not overcome his inertia and enrol in a new course of study. (Dia tidak bisa mengatasi kemalasannya, dan mendaftar untuk kursus baru).

Dalam kasus ini, istilah sainsnya muncul dulu baru digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Litmus testFlickr CC: William Frankhouser

Dari bidang kimia kita juga mendapat beberapa frasa yang berguna.

Di kimia, kertas 'litmus' digunakan untuk mengetes kadar keasaman. Asam akan membuat kertas litmus menjadi merah.

Frasa 'litmus test' kemudian menjadi frasa umum dalam bahasa Inggris untuk membicarakan ujian yang dihadapi seseorang berdasarkan satu faktor saja.

Her litmus test for new friends was whether they laughed at her favourite joke.(Ujian penting baginya adalah apakah teman-temannya akan tertawa dengan humor paling favorit yang ditampilkannya)

The candidate’s performance in the debate was seen as a litmus test for the election. (Penampilan calon tersebut dalam debat akan dilihat sebagai ujian penting bagi pemilihan). Organik Flickr CC:Christopher Paquette

Dan ada beberapa kata yang kemudian bermakna berbeda dari makna aslinya. Dalam sains, 'organic' berarti sesuau yang dibuat dari karbon - seluruh kehidupan di Bumi adalah organic.

Namun dalam percakapan sehari-hari sayuran organic berarti sayuran yang ditanam tanpa pemupukan pestisida.

Kita juga bisa menggunakan organic sebagai 'tumbuh secara alami'. Tahunan cahaya Flickr CC: NASA Marshall Space Flight Centre

Bila semua istilah sains ini terasa membingungkan, mungkin anda bisa disebut  blinded by science.

'To blind someone with science ' adalah membuat orang bingung dengan berbagai istilah teknis.

Tetapi bila anda tidak begitu, anda mungkin bisa dikatakan sudah light years ahead.

"To be light years ahead ' artinya anda sudah sangat maju, sudah maju tahunan cahaya dibandingkan yang lain.

 

 

 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lebih Dari 1800 Orang Pecahkan Rekor Melihat Bintang di Canberra

Berita Terkait