Bahrain Dukung RI Jadi Anggota Tidak Tetap PBB

Jumat, 31 Maret 2017 – 23:56 WIB
Setya Novanto. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bahrain berencana akan mendukung Indonesia menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB Periode 2019-2020.

Ketua DPR RI, Setya Novanto menilai dukungan tersebut sangat positif bagi Indonesia dalam percaturan politik luar negeri. Apalagi dukungan Bahrain bisa membuat nama Indonesia di kancah internasional semakin diperhitungkan.

BACA JUGA: Sebaiknya Sudding Segera Mundur dari MKD

“Saya mengucapkan terima kasih atas rencana dukungan Bahrain kepada Indonesia untuk menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020,” kata Novanto di Jakarta, Jumat (31/3).

Sehari sebelumnya, Ketua DPR menerima kunjungan Ketua Parlemen Bahrain, Ahmed bin Ibrahim Rashed Almulla dan menyampaikan rencana dukungannya kepada Indonesia.

BACA JUGA: Jaksa KPK Dalami Motif Setnov Minta Ganjar Tak Galak

Ketua Umum Partai Golkar itu mengatakan, Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dan Bahrain sebagai negara Islam terus bekerja sama mempromosikan perdamaian di berbagai kawasan dunia, khususnya di Timur Tengah melalui forum-forum internasional, termasuk forum antar-parlemen.

“Masalah terorisme dan gerakan kelompok radikal yang mengatasnamakan Islam, seperti ISIS, juga harus menjadi perhatian kita bersama. Indonesia dan Bahrain, bersama masyarakat internasional lainnya, akan terus bekerja sama mengatasi masalah tersebut,” kata dia.

BACA JUGA: Miryam Berpotensi Jadi Pesakitan Jika Bohong soal BAP

Bagi Indonesia, kata Novanto, Bahrain merupakan negara sahabat di kawasan Teluk. Sejak dibukanya hubungan diplomatik Indonesia-Bahrain pada 1976, hubungan bilateral kedua negara terus berjalan baik.

“Saya mencatat, pada tahun 2000, saat kunjungan Presiden RI ke-4, Bapak Abdurrahman Wahid ke Bahrain, kedua negara telah mencapai kesepakatan untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang. Dalam kunjungan Ketua Parlemen Bahrain kali ini, DPR RI dan Parlemen Bahrain sepakat menandatangani MoU untuk saling meningkatkan kerja sama di berbagai bidang,” katanya.

Karena itu, DPR RI mendukung penuh berbagai upaya peningkatan kerja sama bilateral kedua negara, baik itu terkait bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Untuk kerja sama di bidang ekonomi, nilai perdagangan kedua negara pada tahun 2015 mencapai 76,156 juta US dollar. Tahun 2016 meningkat 101,411 juta US dollar. Nilai ini akan terus meningkat di tahun mendatang. Indonesia mendorong pengusaha Bahrain untuk berinvestasi di Indonesia.

“Kerja sama sosial dan budaya juga akan ditingkatkan, terutama melalui aktivitas people to people contact, agar masyarakat kedua negara bisa lebih saling mengenal satu sama lain,” katanya.

Terkait banyaknya tenaga kerja Indonesia di Bahrain, Novanto menyampaikan kepada Ketua Parlemen Bahrain untuk membantu memberikan perlindungan dan hal lain yang diperlukan.

Menjawab itu, Ahmed bin Ibrahim Rashed Almulla menyampaikan ungkapan terima kasih kepada warga Indonesia di Bahrain yang secara langsung maupun tidak langsung telah membantu proses pembangunan di Bahrain.
Beliau menyampaikan bahwa Parlemen Bahrain memiliki komitmen yang kuat untuk melindungi hak-hak pekerja migran, termasuk pekerja dari Indonesia.

Bahrain sudah membentuk pusat pelayanan untuk membantu para pekerja tenaga asing. Selain itu, Parlemen Bahrain juga membuka diri bagi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk bekerjasama dan melakukan koordinasi melindungi tenaga kerja Indonesia di sana.(*/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Setnov: Redistribusi Aset Harus Hati-Hati


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler