Bakat Gelandang Inggris Kalvin Phillips Seakan Disia-siakan Leeds United, Kok Bisa?

Rabu, 14 Juli 2021 – 17:16 WIB
Gelandang Timnas Inggris Kalvin Phillips. Foto: Twitter @Kalvinphillips

jpnn.com, LONDON - Inggris memang hanya menjadi runner up EURO 2020 usai kalah dari Italia pada partai final yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Senin (12/7).

Nemun, dibalik kekecewaan itu, The Three Lions pantas gembira dengan munculnya bintang baru bernama Kalvin Phillips.

BACA JUGA: Federasi Sepakbola Inggris Terancam Sanksi Imbas Kerusuhan di Final EURO 2020

Selama gelaran EURO 2020, Phillips selalu menjadi pilihan utama pelatih Inggris Gareth Southgate, menyingkirkan gelandang veteran Jordan Henderson.

Pemain Leeds United ini nyaris selalu tampil penuh dalam tujuh penampilannya di turnamen ini. Ia hanya sekali diganti saat laga kontra Ukraina. Itu pun saat Inggris sudah unggul jauh 4-0.

BACA JUGA: Tegas! Harry Kane Usir Pelaku Rasis Terhadap Pemain Inggris

Southgate senang memainkannya sedikit lebih maju ke depan untuk membantu serangan Raheem Sterling dan kolega. Posisi itu tidak ia dapatkan di klubnya karena pelatih Leeds United Marcelo Bielsa lebih sering menggunakan kemampuan bertahannya.

Bielsa mengeklaim Phillips cocok dipasang sebagai gelandang bertahan atau bek tengah.

Namun, Seorang pundit BBC Danny Murphy mengatakan, ia kurang suka melihat peran yang dimainkan Phillips dengan klubnya. Bahkan ia menilai Leeds United telah menyia-nyiakan bakat sang pemain.

"Saya lebih menyukai Phillips bermain sedikit lebih maju ke depan, dengan sokongan seorang pemain di belakangnya,"

"Dia (Pihillips) secara teknis cukup bagus untuk terus maju dan menciptakan peluang. Saya pikir akan sia-sia hanya menggunakan Phillips dalam bertahan," ujarnya.

Murphy yang juga mantan penggawa Timnas Inggris menyebut peran Kalvin Phillips memang sangat penting bagi The Three Lions hingga bisa melaju sampai Final EURO 2020.

"Dua pemain paling penting bagi Inggris di EURO 2020 adalah Rice dan Phillips. Mereka telah melindungi bek kami, sehingga Inggris hanya kebobolan dua gol."

"Rice dan Phillips memberikan Inggris keseimbangan, hal yang belum pernah kami miliki,"tambahnya.

Karier Kalvin Phillips seolah menanjak dengan sangat cepat. Ia baru punya satu musim pengalaman di kompetisi teratas Liga Inggris, tapi berkat penampilan impresifnya dengan Leeds United, Southgate mengajaknya bergabung dengan Inggris di EURO 2020.(sportbible/mcr15/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler