Balas Serangan Iran, Israel Bombardir Syria

Selasa, 22 Januari 2019 – 11:25 WIB
Area sekitar Damaskus yang juga menjadi imbas konflik. Foto: AFP

jpnn.com, DAMASKUS - Suara ledakan membuat penduduk Kota Damaskus yang sedang lelap terjaga kemarin, Senin (21/1). Jet-jet tempur Israel membombardir gudang yang menjadi tempat menyimpan amunisi Iran di Bandara Internasional Damaskus. Serangan udara tersebut juga menyasar kantor pusat intelijen Iran di Syria dan juga kamp pelatihan militer.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menegaskan bahwa target utama aksinya adalah pasukan elite Quds. Itu unit gabungan Garda Revolusi Iran dan Angkatan Udara (AU) Syria.

BACA JUGA: Israel Bakal Tutup Sekolah untuk Warga Palestina di Yerusalem Timur

IDF menyebut aksi militer tersebut sebagai serangan balasan atas serangan Iran ke Golan Heights sisi Israel. Menurut Jubir IDF Letjen Jonathan Conricus, gempuran Iran itu berimbas ke resor ski Hermon.

''Kami akan menyerang siapa pun yang mencoba menyakiti kami dan siapa pun yang mengancam hendak memusnahkan kami,'' ujar Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu sebagaimana dikutip Reuters.

BACA JUGA: Lebanon Undang Assad, KTT Liga Arab Sepi Peminat

Iran di hadapan publik memang berkali-kali menegaskan bahwa pihaknya akan memusnahkan Israel dari muka bumi. Dan, Israel tidak pernah menganggap serangan tersebut main-main belaka.

Sejak Syria jatuh dalam perang sipil, Iran memang terang-terangan mendukung Presiden Bashar Al Assad dan kroninya. Mereka juga mengirim pasukan dan senjata. Mereka bahkan mempersenjatai Hizbullah dari Lebanon.

BACA JUGA: Tiongkok dan Iran Ketemu di Perempat Final Piala Asia 2019

Selain didukung Iran, Syria dibantu Rusia. Israel sejatinya sudah berulang-ulang menyerang pasukan Iran di Syria. Namun, selama ini mereka memilih diam. Tidak menampik, tetapi juga tidak mengakui.

Organisasi Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) melaporkan bahwa rudal-rudal Israel punya andil besar dalam memorakporandakan Syria. Tempat-tempat menyimpan senjata dan pos militer milik Iran dan Hizbullah hancur. Diperkirakan setidaknya sebelas pejuang pro pemerintah terbunuh.

Sementara itu, versi Syria, sebagian besar misil yang dijatuhkan Israel kemarin mereka lumpuhkan di udara. Kementerian Pertahanan Rusia yang selama ini membantu Assad mengungkapkan, hanya empat tentara yang tewas dan 6 lainnya luka.

Sistem pertahanan udara Syria yang disuplai Rusia berhasil menghalau 30 misil. Namun, Syria mengakui bahwa sebagian infrastruktur bandara rusak.

Secara terpisah, Kepala Pasukan Udara Iran Jendral Aziz Nasirzadeh berang. Pasca serangan tersebut, dia mengungkapkan bahwa negaranya sangat siap menghadapi langsung rezim Zionis. ''Kami siap menghilangkan Israel dari muka bumi,'' tegasnya sebagaimana dikutip The Independent. (sha/c4/hep)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gol Cantik Jaga Kans Vietnam ke 16 Besar Piala Asia 2019


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Konflik Syria   Israel   Iran  

Terpopuler