Bamsoet Ajak Seluruh Elemen Bangsa Wujudkan Tujuan Indonesia Merdeka

Jumat, 19 Agustus 2022 – 17:57 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat menghadiri upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara dengan mengenakan pakaian adat Bali. Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak seluruh kalangan masyarakat untuk memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada para pejuang bangsa yang mengorbankan tenaga, harta, bahkan jiwanya dalam mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan.

Hal itu diungkapkan Bamsoet sesuai menghadiri upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara dengan mengenakan pakaian adat Bali.

BACA JUGA: Taufik Basari: MPR RI Akan Bentuk Panitia untuk Rumuskan Haluan Negara

Dia mengajak seluruh elemen bangsa menggelorakan semangat mewujudkan tujuan Indonesia merdeka, yaitu menjadi negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

"Menjadi tugas dan tanggung jawab semua, setelah 77 tahun Indonesia merdeka, harus terus melahirkan generasi muda yang tangguh, unggul, bersatu, dan optimis," ujar Bamsoet, Rabu (17/8).

BACA JUGA: Hadiri Peringatan Hari Konstitusi di Gedung MPR RI, Menpora Singgung Kesepakatan Para Pendiri Bangsa

"Sehingga memiliki kesiapan untuk meneruskan estafet kepemimpinan nasional untuk mewujudkan cita-cita bangsa menuju era Indonesia Emas 2045," sambungnya.

Turut hadir Presiden Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia sebagai Komandan Upacara serta Tim Paskibraka Pancasila Tangguh antara lain Komandan Paskibraka Rafly Tri Aditama.

BACA JUGA: Menpora Amali Hadir di Sidang Tahunan MPR RI 2022

Pembawa bendera Merah Putih I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi, pembentang bendera Merah Putih Mario Adhiyaksa Sihombing, dan pengerek bendera Merah Putih Bramantya Rizky Wiratama.

Hadir pula Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin beserta para menteri kabinet.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, menuju Indonesia Emas 2045, bangsa Indonesia akan menghadapi banyak perubahan yang mengandung peluang dan tantangan.

Munculnya berbagai kecenderungan baru berskala global dengan daya dorong besar, menuntut watak politik yang lebih antisipatif dengan haluan berjangka panjang.

"Berangkat dari kenyataan seperti itu, perlu ada pemikiran untuk mengingatkan serta menunjukan peta jalan pembangunan yang lebih dapat diandalkan," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu menerangkan, pembangunan IKN merupakan proyek jangka panjang.

Guna mewujudkan IKN menjadi kota dunia yang berkelanjutan dengan konsep smart, green, blue city, serta hub bagi perekonomian nasional dan regional, dibutuhkan haluan negara serta konsistensi lintas pemerintahan.

Tidak hanya itu, pembangunan IKN diharapkan menjadi katalis, untuk mendorong Indonesia melakukan lompatan teknologi.

"Pembentukan haluan negara yang dipatuhi oleh pemerintahan periode-periode berikutnya, menjadi aspek krusial untuk mengarahkan pembangunan, khususnya untuk mencapai visi Indonesia sebagai negara maju pada 2045," pungkas Bamsoet. (jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Buka Sidang Tahunan MPR RI, Bamsoet Sampaikan Hal Ini


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler