Bamsoet Bahas Potensi Kuliner Rendang, Ini yang Dikatakannya

Rabu, 13 April 2022 – 22:46 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania, Iwan Bogananta untuk membahas potensi kuliner rendang. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung suksesnya program kerja Presiden Jokowi, yaitu Indonesia Spice Up The World.

Program itu juga didukung Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania, Iwan Bogananta, untuk menduniakan rendang.

BACA JUGA: Bamsoet Bakal Hadiri Kongres Pemuda KNPI XVI di Maluku Utara

Karena itu, pemasaran produk bumbu atau pangan olahan dan rempah Indonesia harus diperluas.

Selain itu, menguatkan industri kuliner Indonesia dengan pengembangan restoran Indonesia di luar negeri.

BACA JUGA: Bertemu BSSN, Bamsoet Dorong Hadirnya Undang-Undang Keamanan dan Ketahanan Siber

"Mengusung semangat Rendang Goes to Europe, Dubes Iwan Bogananta menggandeng Bela Ltd., untuk mempromosikan dan mendistribusikan rendang ke kawasan lain di Eropa," ujar Bamsoet.

Hal itu dikatakan Bamsoet seusai menerima Duta Besar Iwan Bogananta bersama Staf Khusus Presiden RI Diaz Hendropriyono di Jakarta, Rabu (13/4).

BACA JUGA: Presiden KNPI dan Ketum MBM Temui Bamsoet, Ini yang Dibahas

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, berdasarkan data Kemenparekraf, nilai ekspor bumbu atau rempah olahan dan komoditas rempah Indonesia terus mengalami tren positif selama lima tahun terakhir.

"Potensi pemasaran rendang di pasar internasional sangat besar. CNN Internasional pada 2011 menobatkan rendang sebagai hidangan terlezat dalam daftar 50 hidangan di dunia,'' ujarnya.

Rendang juga menempati posisi ke-11 sebagai makanan terenak di dunia pada 2021 versi CNN Travel.

Bahkan, Chef Internasional Gordon Ramsay dalam program acaranya Uncharted yang bekerja sama dengan National Geographic secara khusus datang ke Tanah Minangkabau pada 2020.

''Tujuannya, lebih mengenal belajar memasak rendang dan menunjukkan rendang sudah populer di dunia internasional," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, tidak hanya menduniakan rendang, Presiden Jokowi mengupayakan agar rendang dinobatkan sebagai warisan budaya tak benda.

"Rendang lebih dari sekadar masakan. Di dalamnya terdapat nilai-nilai budaya yang sangat kental," tandas Bamsoet. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler