Bandara Internasional Silangit Jadi Smart Airport

Minggu, 05 November 2017 – 22:42 WIB
Ilustrasi. Bandara Silangit.

jpnn.com, TANGERANG - Bandara Internasional Silangit menjadi pionir Smart Airport di kategori bandar udara yang berkapasitas 500.000 penumpang.

Ini karena bandara tersebut telah dilengkapi berbagai fasilitas berbasis digital guna menciptakan customer experience yang baik bagi para wisatawan mancanegara.

BACA JUGA: Garuda Indonesia Resmi Layani Silangit-Singapura

Berbagai fasilitas digital tersebut sudah bisa dipergunakan pada Sabtu, 28 Oktober 2017, atau bersamaan dengan penerbangan rute Singapura – Silangit.

Itu adalah rute luar negeri perdana di Bandara Internasional Silangit.

BACA JUGA: Hari Ini, Silangit Mulai Layani Penerbangan Internasional

Fasilitas-fasilitas tersebut adalah airport bus schedule display di mana para pengguna jasa bandara bisa mengetahui estimasi waktu melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi ke tempat tujuan masing-masing.

Kemudian e-Payment di tenant komersil memudahkan para pelanggan dalam berbelanja tanpa harus menggunakan uang cash.

BACA JUGA: Angkasa Pura II Resmi Operasikan Taksi Berbasis Online

Lalu Wifi.id corner dengan kecepatan tinggi dengan ketentuan yang berlaku, bus ticketing vending machine memudahkan dalam proses antrean,

Lalu ada smart baggage di mana saat penumpang menunggu bagasi datang bisa diketahui estimasi waktu. Termasuk bisa memonitor posisi bagasi penumpang.

Ada juga tourism info kiosk yang memberikan informasi seluas-luasnya yang diperlukan terkait pariwisata di daerah setempat maupun sekitarnya, self check-in terminal domestik dan internasional, APPS pada check-in counter, konten layanan di aplikasi Indonesia Airports, dan digital banner beserta kontennya.

“Penerbangan internasional saja tidak cukup untuk mendukung pertumbuhan pariwisata Danau Toba. Lebih dari itu, dibutuhkan juga bandara yang mampu menciptakan journey experience dan bisa memberikan kesan pertama yang baik kepada para wisman guna melengkapi perjalanan mereka. Untuk itu, meskipun dari Sosialisasi kapasitas Bandara Internasional Silangit tidak terlalu besar namun AP II tetap fokus melakukan pengembangan soft infrastructure melalui digitalisasi layanan," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

Dia menyatakan, seluruh fasilitas berbasis digital tersebut sudah siap 100 persen saat penerbangan perdana internasional.

Seperti Wifi.id corner dengan kecepatan hingga 100 Mbps, pembayaran di tenant komersil dengan t-cash, pembelian tiket bus di vending machine, dan smart baggage guna memastikan kecepatan dan ketepatan dalam penanganan bagasi.

"Di samping itu, terdapat juga tourism info kiosk yang menyediakan berbagai informasi tentang lokasi pariwisata. Kami membangun Bandara Internasional Silangit sebagai beranda yang ramah terhadap para wisatawan domestik dan mancanegara,” jelas Awaluddin.

Melalui fasilitas terkini berbasis digital, AP II bisa memberikan pengalaman yang baik kepada penumpang pesawat ketika sebelum melakukan perjalanan (pre-journey), saat melakukan perjalanan (on-journey) dan perjalanan (post-journey).

Saat pre-journey, penumpang pesawat bisa terlebih dahulu membuka aplikasi Indonesia Airports di smartphone untuk mengetahui jadwal penerbangan, meja check-in penerbangan, melihat tenant F&B, hingga mengecek hotel di Siborong-borong beserta jarak tempuh dari Bandara Internasional Silangit.

Saat on-journey, penumpang pesawat bisa memantau aktivitas penanganan bagasi secara langsung berkat konsep smart baggage yang sudah diimplementasikan di Silangit.

Ketika baru tiba di Silangit, penumpang pesawat juga bisa langsung terkoneksi dengan wifi berkecepatan tinggi hingga 100 Mbps.

Di samping itu, penumpang pesawat juga bisa mencari tahu lokasi wisata yang wajib dikunjungi melalui e-kiosk di area kedatangan.

Tidak hanya itu, apabila bepergian dengan transportasi publik maka wisatawan bisa semakin mudah dengan membeli tiket bus melalui vending machine yang terletak di terminal kedatangan Bandara Internasional Silangit.

Ada pun setelah melakukan perjalanan atau post-journey, sebelum tiba di bandara tujuan apakah itu Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau Kualanamu, penumpang pesawat sudah bisa memesan taksi melalui aplikasi Indonesia Airports untuk mengantar ke tujuan.

Aplikasi Indonesia Airports juga bisa membantu penumpang yang baru tiba di Soekarno-Hatta untuk melihat lokasi parkir mobil penjemput berkat implementasi konsep Smart Parking.

Bagi yang memilih transportasi publik, Di terminal kedatangan juga tersedia vending machine untuk antrean taksi atau pembelian tiket Damri.

Pengembangan Bandara Internasional Silangit, baik itu dengan pembangunan infrastruktur maupun pengembangan soft infrastructure, merupakan salah satu fokus AP II guna mendukung program pemerintah yakni mewujudkan kawasan wisata Danau Toba menjadi destinasi baru berkelas dunia seperti halnya Bali.

Seperti diketahui, Bandara Internasional Silangit adalah bandara yang terletak sangat dekat dengan Danau Toba sehingga perannya cukup signifikan dalam mendukung pertumbuhan pariwasata di kawasan itu.

Setelah bandara ini mendapat stasus internasional beberapa waktu lalu, ditargetkan wisatawan mancanegara yang berkunjung bisa mencapai 1 juta orang. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bandara Silangit Diharapkan Bisa Tingkatkan Pariwisata


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler