Bang Azis: Kepemimpinan Joe Biden Jadi Harapan Stabilitas Global

Jumat, 22 Januari 2021 – 10:07 WIB
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. Foto: Humas DPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengucapkan selamat atas pelantikan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris.

Dia berharap duet pemimpin baru Negeri Paman Sam membawa dampak positif bagi dunia.

BACA JUGA: Haji Permata Tewas dengan Lima Luka Tembak, Polda Riau Bergerak

"Selamat atas terpilihnya Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat. Semoga administrasi baru ini membawa dampak positif dalam stabilitas politik regional maupun global," kata Azis Syamsuddin, Kamis (21/1).

Sebelumnya, Joe Biden dan Kamala Harris dilantik pada 20 Januari 2021 di West Front Gedung Capitol AS. Pelantikan ini pun menjadi sorotan dunia pascaberbagai isu politik domestik AS mewarnai media massa internasional.

BACA JUGA: Darwis Tertangkap, 9 Oknum Polisi Masih Buron

Azis menilai kepemimpinan Biden-Harris menjadi semangat baru multilateralisme global, khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Kami harapkan kerja sama positif AS dalam kerangka membangun hubungan internasional yang konstruktif, khususnya di wilayah Indo-Pasifik," harap dia.

BACA JUGA: Airlangga Hartarto Berharap Joe Biden Ikut Mempromosikan Tatanan Ekonomi Global yang Harmonis

Menyikapi harapan publik Tanah Air terhadap kepemimpinan Biden-Harris, Azis mengatakan bahwa Indonesia perlu aktif membangun komunikasi dan diplomasi secara intensif dengan administrasi baru AS dalam rangka menjaga neraca perdagangan kedua negara.

Menurut Azis, pemerintah perlu aktif memanfaatkan momentum awal dalam menegosiasikan berbagai kepentingan Indonesia, khususnya terkait neraca perdagangan.

"Kita perlu meningkatkan ekspor kita serta menarik investasi ke Indonesia dalam hal pembangunan industri dalam negeri sehingga dapat terjadi transfer teknologi dan bermanfaat dalam pembangunan menuju Indonesia maju," jelasnya.

Wakil ketua bidang koordinasi politik, hukum, dan keamanan DPR ini berharap kepemimpinan baru AS membawa dampak positif terhadap perkembangan kawasan Indo-Pasifik yang inklusif dalam menjaga stabilitas regional.

"Kawasan Indo-Pasifik menjadi perhatian khusus, semoga kepemimpinan Biden-Harris membawa stabilitas kawasan dalam kerangka inklusif dengan mengedepankan nilai-nilai sentralitas ASEAN," ungkapnya.

Dia pun menyatakan hubungan ekonomi regional dan pemeliharaan perdamaian dunia, serta penerapan asas-asas hukum international menjadi prospek kerja sama ke depan antara Indonesia-AS.(boy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler