Bang Edi Puji Langkah Kapolri Beri Anugerah Tertinggi Pada Panglima TNI

Jumat, 04 Oktober 2024 – 22:32 WIB
Dokumentasi - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan. ANTARA/HO-Lemkapi

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) Edi Hasibuan mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan anugerah Bintang Bhayangkara Utama kepada Panglima TNI Agus Subiyanto.

Tanda kehormatan dimaksud juga dianugerahkan kepada Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono.

BACA JUGA: Survei Lemkapi: Masyarakat Puas dengan Kepemimpinan Jokowi di Aspek Keamanan

Edi menilai pemberian anugerah kehormatan Bintang Bhaysngkara Utama kepada Panglima TNI dan tiga kepala staf yang ada memiliki makna mendalam.

"Saya kira ini maknanya sangat dalam, mewujudkan sinergitas Polri dan TNI. Saya meyakini penganugerahan kehomatan bintang tertinggi akan makin meningkatkan kerja sama dan kekompakan seluruh jajaran Polri dan TNI dalam tugasnya," ujar Edi dalam keterangannya, Jumat (4/10).

BACA JUGA: Gladi Bersih HUT TNI, Ribuan Pasukan Berbaris hingga Beratraksi

Dosen pascasarjana Universitas Bhayangkara, Jakarta ini lebih lanjut mengatakan sinergitas dan kekompakan seluruh jajaran TNI-Polri sangat penting.

Paling tidak akan membuat masyarakat merasa bangga dan merasa nyaman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Lemkapi Anugerahi Biro SDM Polda Sumut Presisi Award

Bang Edi juga mengatakan masyarakat selama ini melihat Kapolri, Panglima TNI dan tiga kepada staf angkatan yang ada kerap hadir di tengah masyarakat.

Karena itu, dengan diperlihatkannya keakraban di tingkat atas maka di tingkat bawah sinergitas juga akan makin baik.

"Berdasarkan pengamatan kami kekompakan dan sinergitas TNI-Polri kerap terlihat di daerah saat Kapolda dan pangdam serta kapolres dan dandim yang tergabung dalam forkopimda melakukan tugas serta kegiatan sosial lain," katanya.

Menurut Edi sinergitas Polri dan TNI banyak dirasakan masyarakat pada pelaksanaan Pemilu 2024, pengamanan berbagai event internasional, maupun pilkada yang saat ini sedang berlangsung.

Sinergitas terbangun dengan baik ketika melakukan tugas dan kegiatan sosial di tengah masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Polri dan TNI yang sudah memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara serta rakyat," kata anggota Panitia Seleksi Calon Anggota Kompolnas periode 2024 2028 ini.

Menurut Edi masyarakat mengharapkan kekompakan dan sinergitas yang sudah terjalin bagus antara polri dan TNI terus dijaga serta ditingkatkan.

"Kami bangga melihat sinergitas Polri dan TNI terjaga dengan baik. Kedua institusi aparat negara ini saling mendukung dan melengkapi dalam menjalankan tugas," kata penulis buku 'Hukum Kepolisian' ini. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lemkapi Minta Narasi Mengadu Domba Jenderal TNI Andika dengan Kapolda Jateng Dihentikan


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler