Bangga Rekor, Kasihani Kolega

Senin, 04 November 2013 – 10:43 WIB
Kiper Stoke City Asmir Begovic. Getty Images

jpnn.com - STOKE - Peter Schmeichel, Brad Friedel, Paul Robinson, dan Tim Howard kini mendapat "rekan baru" untuk rekor kiper yang pernah mencetak gol di Premier League. Dia adalah kiper Stoke City Asmir Begovic setelah aksinya memperdaya kiper Southampton Artur Boruc dalam laga di Stadion Britannia Sabtu malam WIB (2/10).

Berawal dari passing dengan bek kiri Erik Pieters, Begovic menendang bola ke arah pertahanan Southampton. Dua pemain Saints " sebutan Southampton - Morgan Schneiderlin dan Dejan Lovren membiarkan bola memantul dengan asumsi akan ditangkap Boruc yang maju meninggalkan gawangnya.
 
Tapi, angin yang berembus kencang membuat bola memantul lebih tinggi dan mengecoh Boruc yang sudah berada 4,5 meter di luar kotak penalti Saints. Padahal, jarak dari bola saat ditendang Begovic sampai gawang Saints hampir 90 meter.
 
Gol Begovic sekaligus tercatat sebagai gol tercepat Premier League musim ini. Dengan tercipta hanya 13 detik setelah kickoff, gol itu atau menyalip gol 29 detik milik striker Manchester United Robin van Persie ke gawang Sunderland (5/10).
 
Tapi, gol itu belum mengalahkan gol tercepat dalam sejarah Premier League yang ditorehkan Ledley King (Tottenham Hotspur) ke gawang Bradford City paad musim 2000-2001. King yang pensiun muda (usia 32) pada Juli tahun lalu itu hanya membutuhkan waktu 10 detik. Overall, gol Begovic berada di urutan keempat.
 
"Sulit menyikapi gol itu. Saya mungkin senang bisa mencetak sebuah rekor gol, tapi saya juga kasihan dengan Boruc karena ikut memberi citra buruk bagi seorang penjaga gawang. Itulah sebabnya, saya tidak merayakannya," kata Begovic kepada BBC Sport.
 
Sedangkan pelatih Southampton Mauricio Pochettino memilih membela Boruc dengan menyebut angin sebagai biang keladi. Pochettino berkata demikian mungkin karena timnya urung kalah (laga berakhir seri 1-1 setelah Jay Rodriguez mencetak gol balasan pada menit ke-42). Juga mungkin karena Boruc masih satu dari tiga kiper dengan clean sheet terbanyak (6 kali) di liga sampai kemarin. (dns)
 
Kiper Cetak Gol di Premier League

- Peter Schmeichel (Aston Villa) v Everton (2001)
- Brad Friedel (Blackburn) v Charlton (2004)
- Paul Robinson (Tottenham) v Watford (2007)
- Tim Howard (Everton) v Bolton (2012)
- Asmir Begovic (Stoke) v Southampton (2013)

BACA JUGA: Marc Marquez Menatap Rekor 35 Tahun

BACA ARTIKEL LAINNYA... Karlovic Jualan Sepatu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler