Bangun Depo Nelayan, DKP Siap Gandeng PU

Kamis, 22 Oktober 2009 – 23:30 WIB
JAKARTA - Baru saja dilantik Presiden SBY sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (DKP), Fadel Muhammad sudah siap menjalani beberapa agenda kerja pentingSalah satunya, seperti yang ia katakan, adalah bertemu dengan pihak Departemen Pekerjaan Umum (DPU) minggu depan, guna membahas mengenai proyek pembangunan depo nelayan di beberapa daerah pesisir di Indonesia.

"Saya sudah bicara dengan menterinya

BACA JUGA: Endang Janji Tak Gandeng Namru

Minggu depan kami telah merencanakan untuk menggelar rapat kerja guna membahas rencana pembangunan depo nelayan," ungkap Fadel di Jakarta, Kamis (22/10) malam.

Selama menjabat sebagai Gubernur Gorontalo, Fadel mengaku mengetahui bahwa masih banyak daerah pesisir yang kondisi infrastrukturnya - terutama kondisi jalan - cukup parah
Padahal katanya, daerah-daerah tersebut sangat berpotensi untuk dapat menghasilkan ikan.

Menurutnya, rencana pembangunan depo nelayan tersebut merupakan langkah awal dari DKP untuk lebih memperhatikan masyarakat nelayan menengah ke bawah

BACA JUGA: Suami Endang Sedyaningsing Beri Pembelaan

"Ada sekitar 20–25 juta orang atau nelayan yang harus kami perhatikan
Saya akan mengubah mekanisme penjualan ikan, agar para nelayan atau masyarakat yang tinggal di daerah pesisir tidak sulit dalam mendapatkan harga ikan yang wajar," paparnya pula.

Mencontohkan keberadaan daerah di mana ia menjabat sebelumnya, Fadel menyebutkan bahwa nelayan setempat rata-rata hanya memiliki kesempatan melaut sekitar delapan bulan, dengan pendapatan sekali melaut rata-rata Rp 133 ribu hingga Rp 200 ribu

BACA JUGA: Enggan Tanggapi Tudingan DPR

Dengan kondisi demikian, lanjut Fadel, pihaknya harus memutar otak bagaimana caranya melakukan percepatan pengurangan kemiskinan pada masyarakat nelayan.

"Harus ada master plan yang disusun dari hasil survei lapangan dan studi ilmiah, untuk pembangunan ekonomi kelautan dan pengembangan masyarakat pesisir," jelasnya lagi(cha/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gamawan Serasa Pulang Kampung


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler