Bangun Jembatan Baru, Pemkab Kukar Anggarkan Rp 100 M

Jumat, 02 Desember 2011 – 19:29 WIB

JAKARTA - Keberadaan jembatan Tenggarrong yang runtuh pada Sabtu (26/11) pekan lalu, sangat vital artinya bagi perekonomian masyarakat Kutai Kartanegara (Kukar) maupun Kalimantan Timur (Kaltim) pada umumnyaKarenanya, Pemkab Kukar berencana jembatan itu selekasnya dibangun lagi

BACA JUGA: Pelempar Granat di Aceh Masih Misteri



Bupati Kukar, Rita Widyasari mengatakan, untuk membangun kembali jembatan yang menghubungkan Kota Tenggarong dan Tenggarong Seberang serta Samarinda itu diperlukan dana sebanyak Rp 350 miliar
Saat ini, Pemkab Kukar  bersama DPRD telah menganggarkan dana Rp 100 miliar dari APBD Kukar 2012 untuk pendirian jembatan itu.

"Anggarannya sudah diketuk Rabu (30/12) lalu

BACA JUGA: Tokoh Papua Merdeka Nangis di Kemdagri

Jadi bisa segera dilakukan tender untuk membangun kembali jembatan itu, biar tidak sampai mengganggu urat nadi ekonomi warga," kata Rita  di Jakarta, Jumat (2/12).

Sementara kekurangan anggaran sebesar Rp 250 miliar untuk pembangunan jembatan, diharapkan bisa dianggarkan dari APBD Kaltim dan APBN
Menurut Rita, sudah ada sinyal positif bahwa APBD Kaltim dan APBN akan ikut membiayai pembangunan jembatan Tenggarong

BACA JUGA: 22 Saksi Jembatan Kutai Diperiksa Polisi



"Dari APBD Kaltim, sudah kita bicarakan dengan Pak Mukmin Faisyal (Ketua DPRD Kaltim, red)Katanya akan dianggarkan Rp 100 miliar jugaBegitupun dengan APBN yang sudah direkomendasikan Komisi V DPR RI dan disetujui Kementerian Pekerjaan Umum (PU)," terangnya.


RIta yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kukar itu juga berharap agar dari APBN bisa dianggarkan sebanyak Rp 150 miliarDengan begitu, bisa menutupi semua biaya pembangunan yang diestimasikan sebanyak Rp 350 miliar itu.

Namun untuk proses tender pembangunan jembatan, rencana dilakukan awal 2012 nantiDiperkirakan dua tahun sesudahnya, atau sekitar 2014 mendatang, jembatan itu sudah bisa digunakan kembali.

"Saya cuma minta supaya kualitasnya benar-benar diperhatikanTidak perlu megahYang penting kokoh, dan bisa bertahan lama jembatannyaItu saja," katanya.(yes/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penganiaya Polisi Belum Tentu OPM


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler